Rabu, 15 Mei 2019

Cara Mengatasi Layar Android Muncul Blank Screen

Tips Android - Perlunya cara mengatasi android blank screen jika kita mengalami masalah tersebut seperti layar HP yang blank tiba-tiba atau muncul blank hitam maupun layar android Blank Putih yang mungkin membuat kita khawatir dan panik. Bila anda mengalami malsaha LCD sebenarnya ada beberapa kasus masalah layar atau LCD HP android bisa kita tangani sendiri dengan mudah tanpa harus ganti LCD yang bakal merogoh kocek cukup dalam. Beberapa penyebabnya pun sangat beragam mulai dari faktor software, hardware atau sekedar perawatan saja seperti kotor atau berdebu.

Memperbaiki layar Blank Screen di Android yang pertama kita lakukan adalah menganalisa penyebabnya dahulu. Penyebab layar hp android ngeblank putih biasanya terjadi karena banyaknya menginstall aplikasi sehingga sistem operasinya yang rusak atau corrupt. Atau bisa juga akibat kerusakan sistem. Faktor-faktor inilah yang bisa kita tangani tanpa harus mengganti LCD baru karena hanya software saja bukan hardware yang rusak. Blank screen yang dimaksud adalah layar langsung berwarna putih semua atau muncul hitam semua atau bahkan muncul layar biru(blu screen) dan tidak bsia disentuh. Ada beberapa penyebab dan cara mengatasinya, berikut beberapa cara yang bsia dilakukan untuk mengatasi layar hp ngeblank :

Cara Mengatasi Layar Android Muncul Blank Screen

Cara Mengatasi Layar Android Muncul Blank Screen

Yang paling mudah untuk dilakukan adalah melakukan restart dengan mencopot baterai kemudian memasangnya kembali sambil dilakukan proses charging. Jika hal ini berhasil berarti penyebab blank screen adalah pada sistem saja yang error sehingga menyebabkan sistem tidak dapat menampilkan program.

Mengatasi layar HP mati tapi mesin hidup

Nah jika cara ini tidak berhasil atau tidak menimbulkan efek apapun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan diantaranya :

Flashing atau Reinstall Android
Salah satu penyebab muncul layar android blank tiba-tiba adalah adanya kerusakan sistema atu file corrupt yang menyebabkan kinerja sistem tidak bekerja secara normal. Maka penanganan yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan penggantian sistem atau mengisi ulang sistem dengan sitem yang baru. Hal ini bisa dilakukan dengan flashing atau menginstall android baru yang sesuai dengan versi sebelumnya. Untuk melakukan flashing kita butuh bantuan aplikasi pihak ketiga seperti Flash ROM Android atau SP Flash Tool. Ketika anda memutuskan melakukan flashing sendiri jangan lupa untuk mencari bagaimana chara melakukan flash sesuai dengan jenis tipe ponsel anda.

Anda bisa juga membaca Cara Mengatasi GPS Tidak Berfungsi

Konektor Kotor/Kendor
Salah satu penghubung agar layar dapat menampilkan gambar sesuai perintah sistem adalah melalui jalur konektor. Jika konektor terhambat maka layar pun tidak menampilkan sempurna dan terjadi masalah termasuk muncul blank screen itu. Ada baiknya coba lakukan pengecekan dengan membersihkan konektor, caranya :
  • Matikan hp anda
  • Buka casing smartphone dan casing depan dengan obeng kecil sampai layar terbuka
  • Setelah itu copot konektor layar dan semprot menggunakan cairan contact cleaner
  • Pasang kembali dan pastikan posisi pemasangan sesuai dan kencang
  • Pasang kembali casing dan nyalakan


Hardware Rusak
Jika beberapa cara di atas tidak bisa menghilangkan masalah LCD Blank Screen maka kemungkinan besar masalahnya adalah memang LCD perlu diganti. LCD rusak ini biasanya terjadi karena adanya benturan benda kerasa sebelumnya misalnya terjatuh. Meski secara fisik biasanya tidak ada retak atau pecah, tetapi dengan terjatuh bisa menyebabkan hardware rusak didalamnya, walaupun bahkan tidak ada ciri-ciri perubahan fisik seperti Layar muncul noda hitam di android atau layar blank putih. Jalan satu-satunya adalah harus ganti LCD baru.

Kisaran Harga ganti LCD HP Android

Untuk penggantian LCD akan bergantung dengan merk dan tipe hp masing-masing. Harga LCD berkisar antara 300 ribu hingga 1 juta rupiah tergantung dari masing-masing jenis layar dan tipe ponsel yang dimiliki.

Cara Mengatasi LCD Muncul Blank Screen diatas semoga bisa menjadi referensi yang terpercaya bagi anda yang sedang mengalami masalah pada layar hp android error. Kerusakan pada smartphone sangat bergantung pada perlakuan dari pengguna. Jangan lupa membaca buku pedoman pengguna yang ada di dusbox untuk mengetahui penggunaan yang tepat. Demikian paparan mengenai bahasan memperbaiki layar sentuh yang rusak dan muncul blank. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.