Minggu, 13 Februari 2022

Jangan Ganti LCD Dulu Sebelum Coba Cara Mengatasi Layar Bergaris ini

Mengatasi Layar - Jika sebelumnya pernah kita singgung masalah cara mengatasi layar hp berkedip, kali ini kita coba cara mengatasi layar hp bergaris yang mungkin bisa terselesaikan masalahnya tanpa perlu ganti LCD. Tidak sedikit orang terutama pengguna android yang mengeluhkan masalah ini. Seperti yang kita semua tahu, LCD merupakan salah satu komponen HP Android yang sangat rentan, bisa dibilang komponen yang mudah sekali mengalami kerusakan. Dan kerusakan pada LCD banyak sekali jenisnya, entah itu berubah warna (biasanya cenderung berubah ke warna kuning), layar touchscreen tidak bergerak sewaktu disentuh, ataupun layar berkedip-kedip dan layar bergaris, seperti case  yang akan saya kupas kali ini.


Layar Bergaris saat anda mengalami masalah ini di HP android anda, yang tersirat dalm benak anda sudah pasti akan membawa HP tersebut ke service center, dan keberadaan saya disini untuk mengingatkan anda agar tidak terburu-buru melakukan itu. Karena bisa jadi budget yang anda keluarkan akan membengkak, karena tidak menutup kemungkinan pihak service akan menyarankan untuk mengganti LCD anda dan itu membutuhkan biaya yang tentunya tidak sedikit. Padahal bila layar berkedip atau bergaris yang terjadi di LCD touchscreen ini tidak disebabkan oleh hardware nya, maka anda tidak perlu mengganti LCD di HP android anda. Apakah penyebab utama dari layar HP yang berkedip atau bergaris ini? Bisa saja HP anda pernah masuk kedalam air, jatuh dari ketinggian, atau tergencet benda yang keras atau bahkan bisa saja terjadi akibat sering kegencet didalam saku  celana yang ketat. Kita tidak pernah tau apa penyebab sebenarnya masalah ini terjadi.
 

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan mengupas beberapa solusi untuk anda bagaimana mengatasi masalah pada layar android yang berkedip-kedip dan layar android yang bergaris. Bisa anda mencoba sendiri dirumah sebelum anda memutuskan membawanya ke service center. Silahkan ikuti beberapa Langkah dibawah ini dengan keyakinan dan ketenangan, jangan panik bila masalah kerusakan ini terjadi di HP android kesayangan anda.



Cara Mengatasi Layar LCD HP Android Bergaris

Cara Mengatasi Layar LCD HP Android Bergaris


1.   Aktifkan Mode Malam Ponsel
Cara pertama yang bisa anda coba untuk mengatasi LCD anda yang berkedip adalah dengan mengaktifkan mode malam pada ponsel anda. Dan cara ini sudah terbukti paling mudah dilakukan. Akan tetapi perlu diingat kembali bahwa tidak semua android memiliki fitur ini di dalamnya.
Namun, anda tidak perlu terlalu memikirkan hal ini, karena untuk ponsel yang tidak memiliki fitur tersebut, anda bisa mengunduhnya di Play Store, dengan kata kunci pencarian “ aplikasi mode malam.”
Meskipun nantinya cara ini tidak sepenuhnya membantu anda mengatasi masalah ini, setidaknya dapat meminimalisir masalah yang ada.
 

2. Menggunakan Opsi Pengembang
Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengatasi LCD HP Bergaris dan berkedip adalah dengan mencoba menggunakan Opsi Pengembang.
 

Apakah yang bisa dilakukan dengan Opsi pengembang ini? Sebelumnya mari kita mengenal dulu apakah Opsi pengembang. Opsi pengembang merupakan sebuah pengaturan lanjutan yang berasal dari setelah HP Android.
 

Di dalam opsi pengembang ini, kita dapat melakukan berbagai pengaturan. Mengingat anda diberikan keleluasaan dalam melakukan pengaturan, maka hendaknya juga harus lebih berhati-hati. Karena  jika sistem pengaturan yang dijalankan mengalami kesalahan, tujuan awal untuk memperbaiki masalah LCD bergaris dan berkedip tidak akan pernah tercapai. Dan yang akan terjadi adalah kerusakan-kerusakan lainnya yang tidak terduga.

Tujuan sebenarnya kenapa kita menggunakan opsi pengembang adalah untuk mengatasi permasalahan pada LCD hp android karena adanya gangguan pada hardwarenya. Sekarang adalah Langkah apa yang harus dilakukan, pertama-tama kita harus mengaktifkan dulu Opsi Pengembangnya dengan cara sebagai berikut:

  • Buka Setelan HP.
  • Masuk ke Tentang Ponsel.
  • Cari Nomor Bentukan, lalu klik sebanyak 5x atau lebih.

 

Selanjutnya Langkah yang bisa anda lakukan adalah:

  • Buka Setelan, lalu masuk ke Opsi Pengembang.
  • Geser kebawah untuk mencari kolom Randering.
  • Centang pada opsi Nonaktifkan Overlay HW


Sebenarnya sudah bisa kita ketahui bersama tujuan dari pengaturan di atas adalah supaya layar HP android kita menggunakan GPU saja dalam menampilkan gambar. Dan hal ini sangat berfungsi untuk mengatasi bug flicker (kedip) yang disebabkan karena masalah hardware.
 

Mengatasi LCD ada Garis

3. Menonaktifkan Kecerahan Otomatis Adaptif
Apa sebenarnya fungsi dari cara ini adalah supaya brightness bisa berubah-ubah secara otomatis, menyesuaikan waktu dan tempat di mana HP Anda berada. Biasanya saat di luar ruangan, pencahayaan akan cerah. Dan pencahayaan redup akan terjadi  saat anda berada didalam ruangan yang agak gelap. Masalah kerusakan Layar HP androrid yang kedip-kedip ini, terkadang bisa diatasi dengan cara menonaktifkan kecerahan adaptif, dan menggantinya ke pengaturan manual.

Caranya seperti kita jabarkan dibawah ini ya:

  • Buka Setelan HP Android Anda.
  • Masuk ke opsi Tampilan.
  • Kemudian buka menu Kecerahan.
  • Lalu nonaktifkan Kecerahan Adaptif atau Kecerahan Otomatis.
  • Dan kita lihat Bersama ya, masalah layar kedip bisa teratasi sekarang.


Perlu diperhatikan, jika Anda mengembalikan pengaturan kecerahan ini ke mode otomatis seperti semula, ada kemungkinan besar masalah kedipnya akan kembali lagi seperti awal sebelum anda melakukan cara ini. Cara ini mungkin untuk Sebagian orang dirasa tidak cukup efektif, karena tidak dapat menghilangkan masalah ini secara keseluruhan, tetapi setidaknya cara ini bisa meminimalisir masalah yang terjadi.

4.  Masuk ke Safe Mode
Cara ini mungkin juga bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah yang sedang anda hadapi.
Safe mode adalah keadaan di mana HP android anda bekerja dalam kondisi yang sangat-sangat minimal. Dengan kata lain, hanya aplikasi-aplikasi sistem saja yang bekerja.

Ikuti langkah berikut untuk menggunakannya:

  • Tekan tombol power sampai muncul menu.
  • Tekan opsi Matikan Daya selama beberapa detik.
  • Setelah itu, pilih opsi Reboot ke Safe Mode.
  • Terakhir, silahkan anda menunggu sampai HP selesai dimuat ulang kembali (restart). Kemudian coba cek lagi layarnya. Apakah masalah layar berkedip dan bergaris yang terjadi pada HP android anda sudah teratasi dan Kembali normal seperti sedia kala?

 

Seperti kita ketahui bersama pada dasarnya apabila kita mengalami masalah kerusakan dimana layar hp android sering berkedip ataupun bergaris tersebut lakukan perbaikan pada bagian softwarenya terlebih dahulu, sebelum melangkah jauh ke masalah hardwarenya. Tetapi tetap tak bisa dipungkiri jika kondisi LCD hp android yang berkedip tersebut muncul tepat pada saat  HP android tersebut habis terjatuh ataupun masuk kedalam air, maka hal yang paling disarankan adalah  mengecek pada bagian hardware.
 

Karena memang sebenarnya penyebab masalah layar hp kedap kedip sehabis terjatuh sudah dapat dipastikan dikarenakan socket fleksibel yang sudah mengalami kelonggaran, sehingga sudah tidak berfungsi dengan baik.
 

Demikian hal-hal yang bisa kita paparkan untuk memperbaiki layar hp yang bergaris dan goyang. Langkah-langkah simple diatas yang saya jabarkan diharapkan sekali dapat membantu kerisauan anda dalam menghadapi masalah kerusakan HP android yang berkedip dan bergaris. Semoga bermanfaat.

Diberdayakan oleh Blogger.