Sabtu, 28 Januari 2023

Cara Membersihkan Speaker iPhone yang Suaranya Kecil

iPhone anda terdengar bersuara kecil dan terlihat ada kotoran dan debu pada lubang speakernya? Jika iPhone Anda mengeluarkan suara teredam atau berkurang, mungkin perlu dibersihkan dengan baik. Pelajari cara membersihkan speaker iPhone dengan aman menggunakan panduan ini. Jika Anda menggunakan iPhone untuk mendengarkan musik tanpa AirPods atau menggunakan fitur speaker-call, Anda ingin suaranya sebagus mungkin. Namun, speaker iPhone Anda mungkin mulai terdengar teredam atau tidak sekeras sebelumnya.

Seperti membersihkan AirPods, Anda juga dapat membersihkan speaker bawaan iPhone di bagian bawah. Beberapa alasan speaker iPhone Anda tidak terdengar bagus termasuk tersumbat oleh debu dan kotoran dari waktu ke waktu. Jika Anda ingin meningkatkan suara yang berasal dari handset Anda, kami akan menunjukkan cara membersihkan speaker iPhone Anda di bawah ini.

Cara Membersihkan Speaker iPhone yang Suaranya Kecil

Cara Membersihkan Speaker iPhone yang Suaranya Kecil

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan Speaker iPhone

Membersihkan Speaker iPhone dengan Sikat Bulu

Salah satu cara mudah untuk membersihkan speaker iPhone Anda adalah menggunakan kuas cat berbulu lembut baru untuk membersihkan debu, kotoran, dan kotoran. Opsi pembersihan speaker ini juga akan berfungsi untuk iPad Anda. Pastikan kuas bersih dan kering agar tidak menyebabkan kerusakan – Anda dapat menggunakan kuas bersih atau bahkan kuas makeup jika masih baru.

Membersihkan Speaker iPhone dengan Sikat Bulu
Mulailah dengan melepas casing pelindung jika Anda sudah memasangnya. Selanjutnya, geser bolak-balik pada speaker di bagian bawah ponsel. Miringkan sikat agar debu terlepas dan tidak terdorong lebih jauh ke speaker. Jangan seret kuas di sepanjang sumbu speaker. Ketuk debu berlebih dari sikat di antara sapuan.

Selain menggunakan kuas bersih, Anda dapat membeli satu set kuas pembersih telepon. Juga disertakan dengan kit seperti ini adalah sumbat debu, sikat nilon, dan sikat pembersih speaker. Sikat pembersih speaker dirancang agar pas dengan lubang speaker. Anda juga dapat memasang sumbat debu di port daya saat membersihkan kotoran dari speaker.


 BELI DISINI HANYA 20 RIBUAN


Menggunakan Tusuk Gigi untuk Membersihkan Speaker iPhone

Jika pengeras suara iPhone kotor dan berlapis serpihan, dan Anda tidak memiliki sikat atau alat pembersih, gunakan tusuk gigi dari kayu atau plastik. Tusuk gigi berfungsi dalam keadaan darurat tetapi hanya boleh digunakan untuk membersihkan port speaker di bagian bawah telepon.

Catatan: Pastikan Anda berhati-hati saat menggunakan opsi ini. Jika Anda mencoba memasukkan tusuk gigi, ada kemungkinan merusak speaker, jadi berhati-hatilah.
Lepaskan kasing jika Anda sudah memasangnya, dan ambil senter untuk menyinari speaker untuk membantu pandangan Anda. Tempatkan ujung tusuk gigi yang tajam di port speaker dengan hati-hati. Pastikan Anda tidak menggunakan terlalu banyak tekanan. Saat Anda mengalami penolakan, hentikan dan jangan mendorong lebih jauh. Miringkan tusuk gigi pada sudut yang berbeda untuk mengeluarkan semua kotoran dan kotoran dari port speaker. Semua gaya harus diarahkan ke samping dan ke atas dan bukan ke bawah ke telepon.


Membersihkan Speaker iPhone dengan Solatip Kertas

Selain speaker bawah, Anda pasti ingin mendapatkan debu, kotoran, dan kotoran lainnya dari speaker penerima. Selotip adalah pilihan yang tepat karena tidak lengket seperti selotip lain yang dapat meninggalkan residu lengket. Lepaskan kasing dari telepon Anda jika Anda sudah memasangnya. Letakkan jari Anda di atas selotip dan gulung dari sisi ke sisi untuk mengumpulkan debu dan kotoran.

 


Anda juga dapat melilitkan selotip di sekitar jari Anda ke suatu titik dan membersihkan lubang speaker yang lebih kecil di bagian bawah telepon.


Gunakan Blower Manual atau Semprotan untuk Membersihkan Speaker iPhone

Untuk mengeluarkan debu dari lubang speaker Anda dapat menggunakan alat peniup udara untuk membersihkan debu dari lubang speaker. Jangan gunakan udara kaleng terkompresi. Udara kaleng mengandung bahan kimia yang dapat meledak dari kaleng dan merusak layar dan komponen lainnya. Blower udara akan memompa udara bersih ke dalam lubang speaker dan membersihkannya.



Pegang peniup udara di depan speaker dan gunakan semburan singkat untuk menghilangkan debu dan kotoran. Periksa speaker dengan senter untuk memastikan speaker sudah dibersihkan. Ulangi prosesnya hingga speaker sebersih mungkin.

membersihkan speaker iphone sendiri

Menjaga Kebersihan iPhone Bersih


Anda dapat membersihkan speaker iPhone untuk membantu mengurangi masalah kualitas suara yang teredam atau berkurang. Saat membersihkan, gunakan senter untuk menyinari area ponsel yang Anda bersihkan untuk memastikan lubang speaker bersih dari debu dan kotoran. Jika iPhone Anda tetap tidak terdengar cukup keras atau terdistorsi, mungkin ada masalah perangkat lunak. Nyalakan ulang iPhone Anda, dan lihat apakah itu menyelesaikan masalah.

Selain speaker iPhone, Anda juga ingin memastikan semua perangkat Anda bersih. Misalnya, Anda ingin tahu cara membersihkan AirPods dan kasingnya jika Anda memilikinya. Atau, untuk perangkat Apple lainnya, pelajari cara membersihkan HomePod atau HomePod Mini. Membersihkan perangkat teknologi Anda yang lain sangat penting. Misalnya, lihat cara membersihkan ponsel dengan benar jika Anda memiliki perangkat iPhone atau Android. 

Demikian cara membersihkan iPhone yang bisa anda coba untuk menjaga speaker tetap baik dan terjaga suara yang dihasilkannya. Semoga beberapa cara di atas bisa bermanfaat untuk anda, dan pembaca setelah anda.

 

 


Diberdayakan oleh Blogger.