Minggu, 19 Mei 2019

Cara Mengatasi Fast Charging Tidak Berfungsi di HP Xiaomi

Tips Xiaomi - Saat ini hampir semua smartphone sudah mendukung fitur fast charging sehingga dengan menawarkan baterai yang berkapasitas besar tentunya didukung oleh support pengisian yang cepat sehingga dapat membantu mengefisienkan waktu pada saat pengisian dan mampu digunakan dalam jangka waktu yang lama. Lalu bagaimana jika fast charging tidak berfungsi sehingga hp xiaomi dicas lama penuh. Bagaimana mengatasi agar xiaomi fast charging? Sebenarnya secara default atau bawaan sudah langsung bisa fast charging, tetapi jika dicas terisi lama berarti ada sesuatu yang tidak beres dan harus diperbaiki.

HP dicas tidak penuh 100% atau tidak mengisi meski dicas semalaman, itu adalah salah satu ciri-ciri sudah tidak lagi fast charging. Nah untuk mengatasinya atau memperbaiki agar kembali normal ada beberapa hal yang harus dilakukan. Beberapa kemungkinan terjadi biasanya akibat dari kita sendiri yang kadang salah dalam penggunaan misalnya hp digunakan ketika dicas, terlebih digunakan sambil online atau mengakses aplikasi berat seperti game atau sosial media. Nah untuk mengatasinya ada beberapa hal yang bisa kita lakukan.

Cara Mengatasi Fast Charging Xiaomi Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Fast Charging Xiaomi Tidak Berfungsi

Sebenarnya untuk mengaktifkan fast charging di xiaomi tidak ada caranya karena sudah otomatis bawaan. Tetapi jika kecepatan pengisian menurun, ada sesuatu yang harus dilakukan karena memang ada sesuatu masalah terjadi. Hal yang bisa dilakukan adalah :


1. Kabel Data/Charger

Kesalahan yang paling sering kita lakukan biasanya mengecas dengan charger yang bukan bawaan atau charger bukan ori sehingga membuat kinerja dari baterai melemah, apalagi jika sering dicas di mobil atau menggunakan powerbank yang menyebabkan arus yang masuk tidak sesuai dengan kebutuhan yang sesungguhnya. Alhasil ketika dicas di charger aslinya, performanya pun tentu akan turun tidak seperti sebelumnya.

Kemungkinan lain, mungkin jika anda menaruh atau menyimpan charger bawaannya sembarangan atau sering kabelnya terlipat, bisa menyebabkan kabel data pun bermasalah sehingga penyebab sebenarnya ada pada kabel data sehingga ketika melakukan pengisian, arus yang masuk sudah tidak sebesar yang dibutuhkan. Maka proses pengisian menjadi lebih lama dari sebelumnya. Ada baiknya coba ganti kabel data dengan kabel data baru dan ori dari xiaomi, atau dengan membeli kabel data yang berkualitas,


2. Baterai

Seperti yang disinggung di atas, performa baterai yang menurun akan mengakibatkan pengisian daya menjadi lebih lama. Penurunan performa baterai pada dasarnya hal wajar jika sudah melampaui waktu yang cukup lama. Idealnya sebuah smartphone memiliki performa yang maksimal di kisaran 1 tahun pertama, sehingga jika belum satu tahun sudah terjadi penurunan performa, bisa diakibatkan oleh penggunaan kita yang tidak sesuai dengan prosedur seperti mengecas sembarangan dengan charger sembarangan. Mengecas hp di mobil atau motor, mengecas di laptop, mengecas dengan powerbank yang tidak jelas kualitasnya. Hal-hal ini sebenarnya secara prosedur tidak disarankan karena akanmempercepat umur baterai. Jika masalah pengisian tidak penuh diakibatkan oleh baterai maka mau tidak mau harus ganti baterai dengan yang baru. Ciri-ciri yang paling terlihat jika baterai sudah tidak optimal adalah, ketika baterai lemah misalnya di bawah 10% kadang penurunannya tidak sesuai. Maksudnya walaupun belum 1% hp sudah mati sendiri dan tidak kuat. Jika hal ini terjadi maka perlu ganti baterai dengan baterai baru. Jika ingin fast charging atau performa kembali seperti dulu belilah baterai original atau minimal baterai yang memiliki kualitas sekelasnya.


3. Kalibrasi

Nah, penurunan performa baterai yang tadinya cepat terisi menjadi lama sudah dijelaskan di poin 2. Jika pada poin 2 ternyata masalahnya ada pada baterai, cobalah lakukan kalibrasi baterai dahulu siapa tahu hanya pembacaannya yang kurang tepat. Artinya yang sebenarnya penuh tetapi terlihat di display layar tidak penuh atau tidak bisa 100%, begitu juga sebaliknya, yang sebenarnya sudah habis tetapi di display muncul 20% maka kadang mati sendiri.  Untuk melakukan kalibrasi baterai sendiri anda bisa melihat caranya di Cara Kalibrasi Baterai Android Manual.

Fungsi dari kalibrasi ini yaitu untuk mensinkronkan kapasitas daya yang ada dalam baterai agar sesuai dengan tampilan di layar. Selain itu, juga bisa membantu mengembalikan performa baterai jika memang kerusakannya tidak terlalu parah sehingga tidak perlu ganti baterai baru dahulu.


4. Port Bermasalah

Nah, selain kabel data yang bermasalah, bisa juga dari port atau lubang colokan di hp yang bermasalah. Artinya ketika sedang dicas ada hambatan yang mengganggu jalannya arus. Untuk mengatasinya ktia perlu membuka casingnya. Buka casing menggunakan obeng kecil untuk melepas semua cover yang menempel pada smartphone hingga terlihat dudukan port. Setelah itu coba semprot dengan contact cleaner agar kerak yang menempel bisa hilang dan tidak mengganggu jalannya arus pengisian. Cek juga secara fisik apakah ada kerusakan atau pastikan tidak ada yang putus atau bengkok pada port tersebut. Setelah selesaim tutup kembali dan coba lakukan pengisian. Bandingkan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi, bandingkan dengan sebelumnya. Jika tidak ada perubahan artinya tidak ada masalah dengan port dan masalahnya ada di bagian lain


5. Reset Factory

Sesuai dengan namanya, dengan melakukan reset factory atau mengembalikan ke pengaturan awala atau bawaan pabrik, sama juga mengembalikan semua system dalam hp android kita sehingga jika secara umum semua normal seharusnya masalah pengisian juga akan menjadi normal kembali. lakukan reset factory pada bagian pengaturan dan pilih menu cadangkan dan reset atau kadang tulisannya backup and restore dan akan masuk pada pilihan reset data pabrik, Lakukan reset factory hingga proses selesai. Jangan lupa sebelumnya harus melakukan backup data dahulu sebelumnya yang dianggap penting mulai dari foto, video, file, dan data lainnya karena proses ini akan membersihkan semua data yang ada dalam smartphone.


Demikian cara mengatasi fast charging xiaomi tidak berfungsi yang bisa dicoba sebelum memutuskan mengganti part atau bahkan mengganti perangkat baru. Jangan lupa untuk meninggalkan komentar anda jika ada cara lain yang lebih jitu sehingga bisa kami masukkan dalam artikel ini dan dapat membantu oranglain yang mengalami masalah yang sama.

Cara Mengatasi Fast Charging Tidak Berfungsi di HP Xiaomi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Arisa Renata
Diberdayakan oleh Blogger.