Sabtu, 14 November 2020

Cara Mengatasi GPS Tidak Berfungsi (not Work) di Android

Pernah mengalami GPS Tidak Berfungsi di Android? atau GPS tidak bekerja sehingga membuat menyulitkan kita ketika dalam keadaan yang membutuhkan GPS. GPS (Global Positioning System) adalah sebuah system navigasi berbasis satelit yang merupakan salah satu fitur yang tersedia di hp android. Kemudahan dari fitur ini memungkinkan kita menggunakan layanan dengan jaringan internet kapanpun dan dimanapun untuk memandu perjalanan kita. Lalu bagaimana jika ternyata GPS error?

Mengatasi GPS tidak berfungsi kita harus mengetahui dahulu penyebab GPS tidak berfungsi baik dari sisi faktor jaringan maupun faktor kerusakan. Jika jaringan internet normal tetapi GPS tidak berfungsi maka perlu mencari penyebab mengapa GPS tidak bisa jalan dengan normal. Atau jika anda pengguna yang baru pertama kali menggunakan GPS dan ternyata tidak bisa digunakan, maka perlu melakukan beberapa hal di bawah ini.

Cara Mengatasi GPS Tidak Berfungsi (not Work) di Android

Cara Mengatasi GPS Tidak Fungsi di HP Android

Selain GPS tidak berfungsi, bisa jadi hanya akibat GPS kurang akurat atau akurasi dari GPS perlu disetel ulang sehingga seperti tampak GPS tidak berfungsi. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa penyebab dan cara memperbaiki GPS yang tidak berfungsi :

1. GPS Location tidak akurat
Salah satu yang menyebabkan GPS tidak berfungsi biasanya yang paling sering terjadi adalah setting lokasi yang kurang tepat. Untuk memperbaikinya :
  • Buka menu pengaturan atau setting
  • Kemudian pilih menu General/Pengaturan Umum
  • Setelah itu matikan atau non-aktifkan menu Location
  • Tunggu beberapa saat setelah itu aktifkan kembali Location
  • Restart ponsel android anda

2. History Maps Menumpuk
Jika hal di atas masih belum memeprbaiki GPS, ada kemungkinan cache dari peta yang terlalu banyak pada GPS. Ini terjadi jika terlalu sering menggunakan GPS tetapi malas membersihkan history sehingga membuat GPS lamban membaca. Cara mengatasinya dengan menghapus cache dan cookies agar GPS bisa berjalan dengan normal. Caranya dengan buka aplikasi GPS dan klik pada pilihan, kemudian bersihkan riwayat.

3. Software/File di GPS crash atau corrupt
Ada kemungkinan juga file didalam GPS terjadi corrupt atau crash. Jika GPS anda tidak aktif setelah menginstal sebuah aplikasi, bisa jadi aplikasi tersebut membuat rusak aplikasi GPS kita. Untuk mengatasi masalah dengan penyebab seperti ini, coba lakukan unninstal aplikasi GPS kemudian install kembali agar file atau software GPS dapat memperbaharui.


4. Tidak ada Izin Akses
Dengan salah satu cara di atas, biasanya GPS tidak aktif bisa kembali normal. tetapi  bila masih belum normal, kemungkinan besar adalah aplikasi GPS tidak diizinkan mendeteksi lokasi anda, atau jaringan internet tidak mengijinkan menggunakan akses. Jika hal ini terjadi, buka menu pengaturan kemudian pilih manager aplikasi, dan pilih GPS. Setelah itu klik dan masuk ke pilihan di dalam aplikasi tersebut. Centang pada kolom izin penggunaan data internet.

GPS di Android Error

Nah, mudah kan sebenarnya untuk mengatasi GPS tidak berfungsi. Dari beberapa cara di atas ternyata tidak bsia memperbaikinya, kemungkinan terjadi kerusakan pada sistem operasi anda yang tidak bisa menjalankan aplikasi GPS. Nah, kasus semacam ini biasanya ditandai dengan aplikasi GPS yang ketika dibuka maka ponsel atau smartphone akan diam atau loading lama dan tidak ebrhasil terbuka. Jika demikian halnya, jalan satu-satunya adalah lakukan pembaharuan sistem operasi sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan dari versi android anda. Untuk memperbaharui sistem operasi anda bisa mengunjungi layanan service terdekat jika tidak bisa melakukannya.

Jika anda mengalami Aplikasi hilang sendiri di android, anda bisa membaca cara memperbaikinya dengan membacanya di Cara Mengatasi Aplikasi Hilang di Android.

Demikian cara mengatasi GPS tidak berfungsi dan kami berharap permasalahan yang terjadi bisa ditemukan solusinya disini. Jangan lupa bagikan melalui tombol share jika artikel ini dianggap mampu membantu permasalahan mengenai GPS di smartphone yang tidak berfungsi. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.