Cara Mengembalikan Aplikasi yang Hilang Sendiri di Android

Bagaimana Cara Mengembalikan Aplikasi yang Hilang di HP Android? Bagi sebagian orang terkadang dalam menggunakan smartphone android yang memiliki banyak aplikasi terkadang tiba-tiba hilang sendiri padahal kita tidak pernah menghapus atau uninstall aplikasi tersebut. Aplikasi yang hilang kadang hanya tersembunyi atau hidden saja. Tetapi kadang memang hilang akibat beberapa faktor.

Aplikasi android hilang sendiri terjadi atas beberapa hal dan faktor yang menyebabkan hal itu terjadi. Bisa akibat memang memori yang rusak karena aplikasi tersebut kita menyimpan pada memori eksternal atau microSD atau memang dari aplikasi yang terkena virus sehingga menghapus sendiri aplikasi, atau dari sistem yang menyebabkan beberapa aplikasi terhapus.

Pernah mengalami? tiba-tiba icon aplikasi di dalam menu smartphone atau hp android kita tiba-tiba hilang? seperti misalnya Whatsapp, instagram, atau aplikasi lain yang pernah kita install lewat Google Playstore. Nah kali ini kita akan mengulas mengenai masalah ini, aplikasi yang hilang di android secara tiba-tiba.

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Hilang Sendiri di Android


Cara Mengembalikan Aplikasi yang Hilang Sendiri di Android

Beberapa aplikasi ada yang memang bawaan dari hp android ada juga yang kita mengunduhnya di Playstore. Nah jika ponsel atau hp android anda belum melalui proses Root tetapi aplikasi bawaan hilang, cara di bawah ini mungkin tidak sesuai dengan permasalahan anda. Tetapi jika aplikasi yang hilang adalah aplikasi unduhan, anda bisa menggunakan cara ini nantinya. Atau jika hp android anda sudah di-root maka baik aplikasi bawaan maupun bukan bisa menggunakan cara ini.

Untuk mengembalikan aplikasi yang hilang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, diantaranya:

Cek Memory Eksternal
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, jika apliaksi yang hilang merupakan aplikasi yang diinstall di memri eksternal saja dan aplikasi lainnya yang tersimpan di memori ponsel aman aman saja, bisa dipastikan bahwa kartu memory anda yang rusak. Tetapi sebelum itu, lihat ke galery, cek apakah gambar yang tersimpan di microSD masih terbaca. Jika tidak berarti memang kartu memori atau MicroSD sudah rusak. Cobalah cek memorinya dengan menggunakan Laptop. Jika ada folder dengan nama aplikasi-aplikasi yang hilang tersebut, berati sebenarnya kartu memory masih ada kemungkinan diperbaiki dengan cara format. Sebelumnya back-up dahulu data di dalam laptop. Atau jika tidak memiliki laptop, cobalah untuk memasukkan kartu SD ke hp lain. Bila terbaca dengan baik, kemungkinan besar slot memory dari hp android anda tidak bisa membacanya. Lakukan pembersihan dengan cara meneteskan minyak kayu putih sedikit atau mengolesnya tepat pada kuningan tempat slot kartu memory. Tunggu hingga kering atau semprot dengan angin agar cepat kering. Pasang kembali micro SD dan lihat apakah aplikasi sudah kembali atau belum, jika belum perlu penggantian slot memory. Jika micro SD memang tidak membaca sama sekali baik di hp lain atau di laptop, berarti perlu ganti micro SD baru karena itu sudah rusak

Crash System

Jika aplikasi hilang tiba-tiba dan hanya satu atau dua aplikasi saja, kemungkinan besar adalah crash system atau terjadi kesalahan sistem seperti misalnya terdeteksi virus oleh anti virus yang anda pasang, atau adanya kerusakan pada file dalam aplikasi. Untuk mengembalikannya, buka playstore dan klik pada 'App Saya' kemudian klik instal kembali agar aplikasi yang rusak bsia kembali normal.

Kerusakan Kinerja Software Android
Jika hal ini terjadi biasanya aplikasi yang hilang langsung banyak dan kadang muncul 'Aplikasi tidak terpasang' sehingga icon tetap ada namun tidak bisa digunakan. Jika aplikasi tidak terpasang bisa melihat caranya di Mengatasi Muncul Aplikasi tidak Terpasang. Nah jika aplikasi hilang, coba lakukan restart ponsel dahulu karena hal ini membantu merefresh kinerja ponsel. Kinerja yang berat dan dipaksakan bekerja bisa membuat kerusakan termasuk menampilkan aplikasi sehingga aplikasi masih tetap ada dan tidak rusak tetapi tidak dapat diakses akibat kerusakan pada kinerja ponsel. Lakukan restart ponsel dan tunggu hingga menyala. Jika belum bisa cobalah untuk lakukan reset factory. Jangan khawatir aplikasi hilang karena jika anda memasukkan user akun google maka semua apliaksi bisa terdeteksi kembali. Untuk melakukan reset factory atau jhard Reset anda bsa searching sesuai dengan tipe ponsel anda.

Jika aplikasi tidak bisa dinstall karena ada beberapa hal, anda bisa melihatnya di cara mengatasi aplikasi Android tidak bisa diinstall.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memperbaiki aplikasi yang hilang di android. Perawatan dan penggunaan yang sesuai dapat membuat smartphone kita lebih awet. Lebih bijak dalam menggunakan ponsel untuk kehidupan. Semoga tulisan di atas membantu anda yang sedang mengalami permasalahn aplikasi sering hilang sendiri di android. Salam

Cara Mengembalikan Aplikasi yang Hilang Sendiri di Android Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ayu Rivera
Diberdayakan oleh Blogger.