Jumat, 26 Februari 2021

Cara Mengatasi Noda Hitam di LCD Android Hilang

Apakah anda termasuk orang yang mengalami kejadian seperti layar androit yang tiba-tiba ada betuk lingkaran berwarna hitam? bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut? dalam kesempatan yang berbahagia ini, kita akan memberikan tips dan cara untuk mengatasi layar android anda yang ada noda berwarna di touch screen. Munculnya noda atau dalam bentuk lingkaran yang berwarna biasanya terjadi karena banyak hal. Bisa juga terjadi karena kesalahan pribadi yang tidak sesuai dengan anjurannya. Jika sebelumnya kita membahas mengenai Cara Mengatasi Layar Berkedip, kali ini kita masih membahas seputar layar, yaitu mengatasi noda hitam di LCD yang mungkin anda juga pernah mengalaminya.

Cara Mengatasi Noda Hitam di LCD Android Hilang pengguna tidak harus ke lokasi service ponsel untuk menganti layar yang baru. Kita bisa untuk mengatasi masalah itu sendiri. Langkah yang harus dilakukan adalah mengetahui penyebab munculnya noda berwarna di layar ponsel. Banyak permasalahan yang memicu layar ponsel mengalami hal tersebut, diantaranya :

  •     Smartphone mengalami benturan dengan benda keras bisa juga terjadi karena sering jatuh
  •     Mengalami panas yang berlebihan untuk game atau internetan
  •     Smartphone kemasukan air
  •     Usia Pemakaian


Jika ponsel anda mengalami masalah tersebut, sudah selayaknya kita harus mengetahui penyebabnya. Agar lebih mudah di pahami, berikut cara menghilangkan noda hitam di Android berwarna di layar smartphone :

 

Cara Menghilangkan Noda Hitam di LCD Android

Cara Menghilangkan Noda Hitam di LCD Android

Tepatnya untuk menghilangkan noda berwarna di layar bergantung pada penyebab, karena ada dua penyebab diantaranya, penyebab internal dan eksternal. Penyebab Internal adalah masalah yang terjadi pada ponsel karena terbiasa mengalami panas yang berlebih. Penyebab Eksternal adalah ponsel yang mengalami jatuh dan terendam air. Penyebab eksternal biasa disebut Layar Sentuh Bocor.

Cara Mengatasi Noda Yang ada di Layar Android Karena Panas yang Berlebih

Cara menghilangkan noda :

  • Matikan ponsel anda kemudian buka casing ponsel, jangan lupa untuk mengambil simcard, memori, dan baterai yang ada di bagian belakang.
  • Apabila anda menggunakan baterai tanam, tidak usah dilepas
  •  Tahap berikutnya, masukan plastik di ikat atau ditutup rapat. Kalau memakai plastik biasa, bisa diikat dengan karet yang kencang.
  • Pastikan kondisi plastik aman, tidak berlubang.
  • Apabila sudah di ikat kencang, kemudian masukkan di dalam lemari es atau freezer.
  •  Diamkan di dalam lemari es dengan suhu maksimal dengan jangkauan waktu 6 sampai 8 jam.
  • Kemudian ambil dan buka plastiknya secara berlahan.
  • Diamkan sampai tidak lagi mengeluarkan embun. Agar lebih cepat kering, bisa menggunakan kipas angin maupun ditaruh di luar ruangan suhunya tidak terlalu panas.
  • Apabila sudah tidak mengeluarkan embun, pasang kembali seperti simcard, kartu memori, dan baterai seperti semula, tahap terakhir nyalakan ponsel kembali.
  • Jika masih bisa di nyalakan dengan selamat, maka noda yang ada di layar android akan hilang. Berpaling selanjutnya, apabila sudah parah, noda akan terlihat kecil apabila anda sudah melakukan proses seperti yang di atas.


Beberapa perangkat memiliki masalah yang berbeda-beda tergantung dari faktor penyebab, ketahanan produk, dan juga penggunaan dari masing-masing pemilik yang memungkinkan akan berbeda pula penanganan jika memang masalah atau faktor dari penyebabnya berbeda. Analisa beberapa kemungkinan-kemungkinan berdasarkan dari penggunaan sebelumnya sehingga tidak salah langkah dalam penanganannya dan mengurangi kemungkinan salah analisa yang bisa menyebabkan makin parah masalahnya.


Cara Mengatasi Noda Yang ada di Layar Karena Terjatuh atau Terendam air

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain:

  • Siapkan bahan dan alat seperti seperti sapu tangan dan pengorek telinga.
  • Tidak usah mematikan ponsel, hanya cukup membuka casingnya saja.
  • Membuka casing ponsel dengan menggunakan alat obeng kecil sampai permukaan lcd terlihat.
  • Setelah buka casing, bersihkan debu-debu dan kotoran yang menempel hingga bersih.
  • Kemudian gosok menggunakan pengorek telinga atau sering disebut cooton bud di bagian layar yang terlihat kotorannya.
  • Apabila garis noda terbentuk panjang cukup di usap secara merata ke arah bawah dan atas sampai bersih.
  • Kemudian usap dalam jangka waktu kurang lebih 25 menit supaya noda yang berada di layar mengecil.
  • Lakukan pergerakan yang sesuai, jangan terlalu kencang yang bisa mengabitkan menambah ukuran noda hitam yang ada di layar.
  • Setelah dirasa waktu sudah mencukupi dan noda berubah semakin mengecil, tahap terakhir usap menggunakan sapu tangan ke semua layar agar bekas tekanan menjadi merata.


Dengan cara di atas, harusnya noda hitam semakin mngecil dan bahkan hilang. jika dengan cara ini tidak dapat membantu anda, mungkin kerusakan ponsel anda di hardware atau selayaknya layar sudah harus diganti dengan yang baru. Mungkin memang cara terbaik adalah dengan mengganti LCD,  namun jika dengan cara-cara ini mampu menghilangkan noda di LCD atau minimal mengurangi, anda bisa menghemat budget sehingga jika memang tidak bisa hilang sepenuhnya, anda masih ada waktu untuk merencanakan penggantian LCD atau penggantian smartphone dan upgrade hp anda menjadi lebih terkini

Demikianlah cara menghilangkan warna noda yang ada di layar android. Semoga cara ini bisa membantu anda yang mengalami kerusakan yang ada noda di layar smartphone anda. Anda juga bisa memberikan komentar jika ada pengalaman lain yang bisa kita bagikan kepada pembaca setelah anda agar bisa saling berbagi dan manfaat untuk orang yang mengalami masalah layar lcd noda hitam dan semacamnya. Jangan ragu untuk memberikan kritik dan saran anda untuk perkembangan dari website ini agar semakin baik terkait isi konten, atau kemudahan akses dari konten-konten yang kami sediakan. Dengan masukan dari pengunjung, dapat meningkatkan kinerja dari website atau blog ini menjadi lebih baik ke depan dan lebih variatif dalam isi dan problem solving yang kami sediakan. Salam.



Diberdayakan oleh Blogger.