Sabtu, 28 November 2020

Cara Memperbaiki Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka

Mengatasi WhatsApp - Bagaimana cara mengatasi WA yang error tidak bisa dibuka? Bagi sebagian orang yang menggunakan Wahtsapp dengan smartphone yang memiliki spesifikasi yang minim kadang mengalami WhatsApp tidak bisa dibuka. Mengapa? Sebenarnya bisa kita atasi sendiri tanpa perlu bingung atau berfikir untuk mengganti smartphone demi Whatsapp lancar.

Memperbaiki Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka sebelumnya kita harus mengetahui penyebabnya dahulu agar tidak salah dalam menangani. Selain hanya masalah chache, biasanya hal ini akibat kita yang kurang mengetahui cara penggunaan dan pemeliharaan bagi pengguna smartphone. Pada saat kita membeli smartphone tentunya kita diberikan buku paduan pengguna tetapi jarang sekali yang mau membacanya. Begitu juga ketika anda menggunakan WhatsApp kadang tidak membaca betuh penggunaanya ketika saat kita mengnduh di Playstore.

Penyebab WhatsApp tidak bisa dibuka terjadi banyak faktor, mulai dari aplikasinya sendiri ataupun dari smartphone atau hp android yang anda gunakan. Untuk masalah yang terjadi pada HP Android biasanya hanya masalah software saja sehingga kita bisa mengatasinya sendiri. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa penyebab dan Cara mengatasi Whatsapp Error yang Tidak Bisa Dibuka.

Cara Memperbaiki Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka

Cara Memperbaiki Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka

 Ada beberapa cara yang bisa dilakukan jika WhatsApp anda Error atau tidak bsia dibuka, antara lain :

1. Periksa Update di Playstore
Beberapa smartphone kadang sudah menonaktifkan update otomatsi pada playstore untuk menghemat kuota, dan bahkan menonaktifkan notofikasi update sehingga kadang kita tidak tahu bahwa sudah ada update terbaru dari aplikasi WhatsApp dan menjadikan WA versi yang ktia gunakan menjadi error dan tidak bisa dibuka. Ada baiknya cek dengan masuk ke Playstore dan pilih menu Aplikasi Saya. Jika WhatsApp butuh update maka lakukan update dahulu.

2. Cek Cache di Manager Aplikasi
Jika Whatsapp tidak bermasalah atu sudah update, dan masih belum bsia dibuka, masuk ke menu pengaturan dan pilih manager aplikasi untuk memeriksa Cache yang menumpuk. Pilih aplikasi WhatsApp dan klik tombol hapus Cache. Tunggu beberapa saat hingga proses penghapusan selesai, setelah itu coba buka WhatsApp kembali.

3. Hentikan Paksa dan Hapus Data
Nah, ketika langkah kedua masih belum bisa untuk meemcahkan masalah ini, lanjut untuk melakukan penghentian paksa. Lokasinya ada pada menu manager aplikasi tadi. Masuk ke menu pengaturan >> Manager Aplikasi >> pilih WhatsApp. Kemudian di bagian atas ada tombol hapus Data, klik tombol hapus data kemudian bagian atas klik tombol Hentikan paksa. Nah, jangan lupa jika anda melakukan ini maka data yang ada di whatsapp hilang, artinya anda harus login kembali. Pastikan nomor WA anda masih aktif agar bisa mendapatkan nomor verifikasi. Jika nomor WA anda saat ini nomornya sudah tidak aktif, tidak perlu khawatir, anda bisa melakukan cara agar bisa masuk WA nomor tidak aktif.

4. Restarting Smartphone
Jika sudah melakukan tiga cara di atas namun belum ada perubahan, maka yang perlu dilakukan adalah Restart Smartphone. Lakukan Restart setelah anda melakukan 3 cara diatas dahulu karena jika langsung restart tanpa melakukan 3 cara di atas mungkin tidak berhasil. Restart HP, dan bila smartphone anda menggunakan baterai Removable atau baterai yang bisa dicopot ada baiknya lakukan copot baterai juga kemudian pasang kembali dan nyalakan Smartphone.

5. Reset Factory
Ini adalah cara terakhir yaitu lakukan reset factory. Biasanya jika anda memilik reset factory adalah ketika tidak hanya WA tapi juga banyak aplikasi yang mengalami error. Jika hanya WhatsApp saja biasanya tidak sampai untuk melakukan reset factory sudah bisa teratasi. Bila anda mengalami dua atau tiga aplikasi yang error amak baiknya melakukan reset factory. cara melakukan reset factory anda bsia mencari caranya sesuai dengan tipe dan merk smartphone masing-masing.

Secara umum, cara melakukan reset adalah :
  • Buka menu Pengaturan ponsel
  • masuk ke Setelan Tambahan
  • pilih menu “Buat Cadangan dan Reset”
  • Pilih "Kembali ke pengaturan Pabrik"

Tips WhatsApp lainnya :

Demikian cara yang bisa dilakukan untuk Mengatasi Whatsapp yang Tidak Bisa Dibuka. Ada baiknya anda mempelajari cara penggunaan smartphone anda sesuai dengan yang dianjurkan dengan membaca manual book atau pedoman pengguna yang ada di dalam dusbox sehingga bisa memperpanjang umur pakai atau keawetan dari Samrtphone anda. Semoga apa yang sudah dipaparkan bisa menjadi acuan positif anda memperbaiki WA anda yang error. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.