Jumat, 25 Desember 2020

Cara Mengatasi Layar Hp Android yang Berkedip dan Bergaris

Mengatasi Layar - Pernahkah smartphone anda mengalami layar android berkedip dan bergaris secara tiba-tiba? Jadi tanpa pernah jatuh atau kemasukan air, tanpa sadar saat kita menatap layar atau LCD sepertinya layarnya seperti berkedip. Atau kasus lain tidak pernah jatuh atau masuk ke dalam air, tapi ketika kita perhatikan secara seksama, ada garis pada layar atau layarnya bergaris. Jangan buru-buru panik karena ada beberapa hal yang sebenarnya bisa kita lakukan tanpa perlu ada penggantian atau perbaikan serius. Tentunya juga tergantung tingkat kerusakannya sebab masalah ini sebenarnya beda-beda.

Layar berkedip ataupun bergaris terjadi bukan tanpa faktor. Seringnya didalam saku yang ketat, atau mengalami tekanan di tengah layar juga menjadi salah satu pemicu dari masalah ini, meskipun dampaknya memang secara jangka panjang yang akhirnya berakibat buruk pada kinerja LCD atau layar sentuh. Jika smartphone anda tidak pernah terjatuh tapi mengalami kedip atau garis atau terjadi keduanya, kita bisa melakukan beberapa cara sebelum memutuskan untuk datang ke service centernya. Masalah ini biasanya muncul pada hp Samsung, Oppo, Realme, dan Xiaomi. Ini berdasarkan pengalaman dari beberapa pengguna yang mengeluhkan hal ini.
 
Layar Bergaris pun memiliki beberapa jenis sehingga ada yang hanya ringan dan juga ada yang berat dan diharuskan mengganti LCD yang mungkin memakan biaya yang cukup lumayan. Berikut ini beberapa cara yang mungkin bisa anda lakukan untuk menghilangkan layar bergaris atau mengatasi layar sentuh berkedip

Cara Mengatasi Layar Hp Android yang Berkedip dan Bergaris

Cara Mengatasi Layar Hp Android yang Berkedip dan Bergaris

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi layar yang sering berkedip. Dengan mencoba melakukan ini dahulu, mungkin anda bisa meminimalis penggantian part yang sebenarnya bisa ditunda dan tidak memakan biaya yang cukup besar.

Mengatasi Layar Hp Android yang Berkedip

Untuk mengatasi layar hp berkedip, anda bisa mencoba beberapa cara diantaranya :
 
  1. Matikan Adaptif Layar Otomatis;
    Beberapa ponsel saat ini menggunakan setingan otomatis adaptif sehingga layar bisa redup dan terang secara otomatis bergantung pada tingkat kegelapan pada ruangan sekitar. Hal ini membuat layar terlihat berkedip saat pada kondisi terang atau di luar ruangan karena adaptif yang rendah. Meski pada dasarnya hal ini bukan sebuah kerusakan tetapi munculnya layar berkedip sangat mengganggu sehingga ada baiknya matikan otomatis adaptif. Setelah dimatikan, setel secara manual, dan adjust di atas 10% untuk mendapatkan hasil layar yang tidak berkedip. Hal ini biasanya membantu untuk mengurangi efek kedip pada layar
  2. Unninstall aplikasi Boosters dan Sejenisnya;
    Salah satu yang sering mengganggu kinerja layar adalah aplikasi booster, sehingga kecerahan layar menjadi tidak stabil dan tidak menghasilkan sinar yang seimbang akibat kinerja aplikasi booster. Jika saat ini anda menggunakan aplikasi booster sebaiknya copot pemasangannya, dan lakukan restart smartphone anda untuk mendapatkan hasil layar yang tidak berkedip
  3. Cek Socket Layar LCD;
    Jika dua cara diatas tidak mampu membuat perubahan layar, kemungkinan memang ada masalah pada hardware sehingga perlu melakukan pengecekan untuk memastikan layar tidak masalah. Bisa jadi hanya socket atau sambungan LCD ke dalam mesin handphone mengalami kendala. Lakukan pengecekan dengan cara :
    • Buka penutup atau casing dengan menggunakan obeng kecil (untuk membuka masing-masing jenis hp anda bisa cari sesuai tipe dan merk)
    • Setelah terbuka, coba cek kondisi socket dengan melepas
    • bersihkan dengan menggunakan minyak kayu putih kemudian usap dengan tissue
    • Setelah itu pasang kembali dan tutup cover atau chasing dan nyalakan
  4. Matikan ScreenSaver;
    Penyebab Layar HP Xiaomi berkedip kedip biasanya terjadi pada ponsel yang memiliki opsi Screen Display Always On. Pada Xiaomi MI 8 ditemukan adanya bug pada antarmuka MIUI dengan tema yang terpasang. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan langkah berikut:
    • Saat hp masih menyala, tekan tombol Power dua kali dibarengi dengan menyentuh Fingerprint Sensor beberapa kali
    • Maka layar hp berkedip kedip akan hilang.
    Ambient Display menjadi penyebab utama layar hp berkedip kedip, oleh karena itu harus dinon aktifkan dan menunggu update untuk perbaikan bug tersebut. 
  5. Mode Malam;
    Beberapa ponsel memiliki fitur Mode Malam. Dengan mengaktifkan ini beberapa gejala layar berkedip bisa sembuh
  6. Reset Factory;
    Jika dengan membersihkan socket Layar LCD masih belum menghilangkan layar berkedip, cobalah untuk melakukan reset ke pengaturan awal atau reset pabrik. Untuk masing-masing tipe berbeda pada menu pengaturannya. Yang paling umum ada di bagian MENU>> PENGATURAN>>TENTANG>>RESET PENGATURAN

Mengatasi Layar Hp Android yang Bergaris

Sedangkan untuk layar bergaris, ada beberapa cara selain cara di atas, antara lain:
  1. Show Pointer Nonaktif;
    Opsi pengembang (developer) merupakan sebuah halaman di mana kamu bisa mengatur setting handphone android dengan cara yang lebih lengkap dan lebih mendalam. Pada halam tersebut, juga ada pengaturan Show Pointer Location yang dapat dinonaktifkan untuk menghilangkan garis pada layar. Caranya:
    • Masuk ke Pengaturan, kemudian pilih paling bawah pada Tentang Ponsel
    • Cari kolom Nomor Bentukan. Klik beberapa kali hingga muncul pesan “Anda telah jadi pengembang”
    • klik kembali, lalu buka menu Opsi Pengembang.
    • Selanjutnya nonaktifkan opsi Tampilkan Penunjuk.
    • Maka dengan otomatis garis pada layar handphone kamu akan segera menghilang.
  2. Aplikasi LCD Fixer;
    Pada android, terdapat beberapa aplikasi yang dikembangkan untuk menjadi salah satu cara mengatasi layar bergaris atau masalah lainnya. Misalnya seperti Dead Pixels Test and Fix. Aplikasi yang satu ini bekerja dengan cara mendeteksi pixel yang rusak, kemudian menghilangkannya hingga menjadi seolah-olah masih normal. Hal ini bisa menjadi solusi untuk kamu yang mempunyai handphone dengan layar bergaris. Berikut langkahnya:
    Install aplikasi Dead Pixels Test and Fix.
    Setelah selesai mengunduh, buka aplikasinya
    Ketuk Check Dead Pixels dan Fix Dead Pixels untuk mulai memperbaiki.
    Tunggu hingga proses selesai, dan cek hasilnya apakah garis sudah hilang atau belum
Beberapa cara Menghilangkan layar bergaris dan Berkedip ini bisa anda coba sendiri. Namun untuk penggantian hardware disarankan untuk berkonsultasi dengan ahli atau yang sudah terbiasa mengganti. Demikian mengenai paparan masalah yang kita ulas kali ini, Terima kasih atas kunjungannya. Semoga bisa memberikan pencerahan anda yang sedang mengalai layar android berkedip atau bergaris baik pada Xiaomi, iPhone, Samsung, Oppo, Realme, Vivo ataupun hp lainnya.

Diberdayakan oleh Blogger.