Senin, 21 Januari 2019

Asus ZenPower Slim 6000, Fast Charging PowerBank yang Recommended Buat Traveller

Review PowerBank - Pernah nggak sih kepikiran untuk memperkecil masalah di saat kita sedang travelling. Misalnya kendala saat kehabisan daya baterai smartphone atau gadget lainnya. Alih-alih ingin mengatasi masalah dengan membeli Powerbank, kadang kita dibuat repot dengan adanya powerbank tersebut. Dimasukkan saku terlalu tebal, dibawa terus terlalu berat, dimasukkan ke dalam tas juga terlalu ribet, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana untuk mengatasi masalah-masalah yang mungkin cukup sepele tapi mengganggu kenyamanan dan konsetrasi dalam bepergian apalagi dalam bepergian yang memiliki tujuan kerja atau diharuskan menyelesaikan tugas.

Asus ZenPower Slim 6000 sepertinya bisa jadi jawaban setelah saya sendiri menggunakannya, karena kebetulan dalam bepergian saya harus selalu stay online untuk urusan toko online dan beberapa urusan lain. Setelah menggunakan Asus ZenPower Slim 6000 ini mungkin kendala-kendala yang sebelumnya dihadapi menjadi mudah. Misalnya jika saat membutuhkan Powerbank, kita bisa langsung mencolokkan dan sekalipun digunakan sambil dibawa dalam genggaman, Asus ZenPower Slim ini cukup enteng dan ergonomi. Mungkin sepertinya perlu kita ulas lebih detail kali ya

Spesifikasi Lengkap Powerbank Asus ZenPower Slim 6000

Spesifikasi Lengkap Powerbank Asus ZenPower Slim 6000


Sesuai dengan Judulnya, kenapa saya bilang recomended buat Traveller? mari kita telisik satu persatu kelebihan yang ditawarkan :

Desain Asus ZenPower Slim 6000

Melihat desainnya, tentu kita sudah menduga bahwa nyaman banget digenggam dan bsia masuk kantong kemeja atau kantong celana. Selain itu kita bakal tidak khawatir karena bahan cover menggunakan alumunium anotized. Bukan plastik yang mungkin bikin was-was kalau kita masukkan kantong celana belakang akan pecah covernya. Meski menggunakan alumunium, beratnya tidak lebih dari 0,2 kilogram karena tepatnya hanya 170 gram saja. Tentu hal ini merupakan kelebihan yang bisa diandalkan untuk para traveller yang harus selalu on smartphone dan gadgetnya.

Dengan dimensi 111x15 (ini pembulatan sih, sebenarnya kurang dari itu karena koma) dan tebalnya 67 cm, Asus ZenPower Slim 6000 memiliki kapasitas 6000 mAh. Yah, cukup lah untuk 2 sampai 3 kali charging hingga menemukan sumber listrik kembali. Terdapat 4 lampu indikator level, tombol power, dan juga socket USB dan port charging pada bagian atas. Semua operasional dipusatkan pada bagian atas. Di bagian bawah hanya terdapat keterangan spesifikasi dari Asus ZenPower Slim 6000 ini saja.


Fitur Asus ZenPower Slim 6000 

Nah, salah satu faktor utama yang menjadi recommend adalah Fast Charging. Itulah kenapa sangat cocok bagi traveller karena harus cepat dalam kebutuhan penggunaan gadget di setiap kondisi. Diklaim memiliki kemampuan fast charging dengan output 5 volt 2,4 ampere, dan input 5 volt 2 ampere, powerbank satu ini juga dilengkapi beberapa fitur didalamnya yang dinamakan Asus PowerSave Technology yang menawarkan keamanan dalam penggunaan baik keamanan powerbank maupun keamanan dari smartphone yang dicharging sehingga tidak akan merusak komponen smartphone atau memperpendek umur baterai.


Beberapa fitur didalamnya :
  • Temperature Protection, menjaga suhu baterai lithium agar tetap dalam kisaran yang aman.
  • Short circuit Protection, detektor pencegah korsleting akibat arus pendek.
  • Rest Protection, proteksi yang terdapat pada tombol power untuk mereset power bank bila bermasalah. Fitur ini jarang dimiliki power bank pada umumnya.
  • Input Over Voltage Protection, pendeteksi tegangan input yang berlebih untuk mencegah gadget rusak dari input tegangan yang tidak normal.
  • Output Over Voltage Protection, pendeteksi tegangan output yang berlebih untuk mencegah gadget rusak dari output tegangan yang tidak normal.
  • Input Reverse Direction Protection, indikator peringatan bila kabel charger terhubung ke input dan output sekaligus, demi mencegah terjadinya setrum yang membahayakan pengguna.
  • Over Charge/ Over Discharge Protection, fitur ini untuk mematikan proses pengisian saat daya sudah terisi penuh.
  • Output Over Current Protection, fitur untuk menghentikan arus output yang tidak normal (fluktuasi).
  • Cell PTC Protection, fitur ini dengan cepat mendeteksi suhu baterai.
  • Adapter Protection, perlindungan terhadap konektor atau kabel dari Asus Powersafe Technology sehingga aman selama charging.
  • JEITA protection, teknologi yang mampu memonitor perubahan suhu dan menyesuaikan arus listrik.
 Si mungil dengan fitur yang jumbo. Selain itu dengan tertera 6000mAh, setelah saya coba memang benar 6000mAh beneran bukan seperti powerbank abal-abal yang beredar di pasaran dengan harga yang murah tapi menawarkan kapasitas yang tidak realistis.

Harga Asus ZenPower Slim 6000

Setelah melihat beberapa kelebihan, mungkin akan berfikir pasti harganya mahal. Ternyata si mungil ini dibanderol di angka 200 ribuan. Untuk saat ini ada beberapa rpomo di berbagai e-comerce yang menawarkan harga bisa lebih murah. Jika anda berminat membeli, ada baiknya coba untuk searching dahulu mengenai promo yang ada.

Kelemahan Asus ZenPower Slim 6000

 Layaknya sebuah review tentu tidak hanya memberikan kelebihan saja tetapi juga diimbangi dengan kekurangan. Ya, kalaupun mau dicari-cari kelemahan, mungkin ada beberapa poin yang perlu jadi pertimbangan, antara lain :
  • Kabel data terlalu pendek, sehingga ketika pengisian harus berdekatan antara smartphone dengan powerbank
  • Colokan USB hanya satu, berbeda dengan generasi sebelumnya yang memiliki 2 port USB karena mengingat hampir semua perangkat membutuhkan charging sehingga bisa melakukan pengisian sekaligus
  • Mungkin bisa ditambahkan juga senter atau lampu untuk fungsi tambahan sebagai penerangan.

Nah, bagi anda yang memiliki masalah casing tergores, maka anda bisa coba cara Menghilangkan Goresan di Casing android

Demikian review mengenai Asus ZenPower Slim 6000 yang memiliki banyak fitur dan keunggulan. Bagi anda yang sedang mencari referensi powerbank untuk menemani bepergian, tidak ada salahnya Asus ZenPower Slim 6000 menjadi alternatif pilihan untuk anda. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.