Rabu, 21 Juni 2023

Cara Mengedit PDF di HP Android dengan Gratis

 Pernahkah Anda mencoba mengedit file PDF di Android Anda? Jika ya, Anda tahu betapa sulitnya mencoba mengeditnya karena tidak ada solusi asli di Android untuk melakukannya. Tapi jangan khawatir, karena kami akan menunjukkan kepada Anda dua metode untuk mengedit PDF di Android secara gratis. Seperti kita ketahui bahwa PDF adalah format terbaik untuk melihat dan berbagi dokumen, ini banyak digunakan untuk beberapa urusan yang kadang perlu ditambahkan tanda tangan atau mengisi formulir.

Tapi bukankah itu membuat Anda bertanya-tanya bahwa di era di mana smartphone telah mengambil alih hampir semua hal, mengapa mengedit PDF masih menjadi tugas berat? Kami pergi ke akar pertanyaan ini, untuk menemukan jawabannya untuk Anda. PDF atau Portable Document Format (PDF) meskipun dibuat untuk mentransfer dokumen tanpa kehilangan atau pengeditan dari sumber ke tujuan, namun memungkinkan untuk mengeditnya. Meskipun tidak ada data yang dapat dihapus dari dokumen PDF yang ada, namun data tambahan dapat ditambahkan yang sangat berguna untuk mengisi formulir dan menambahkan tanda tangan.
 

Mengapa Sangat Sulit Mengedit PDF di Android

Karena, bentuk lengkap PDF adalah Portable Document Format. Seperti namanya, format file ini ditemukan oleh Adobe pada tahun 1993 dengan fokus pada portabilitas. Tujuan utama PDF adalah untuk membuat file yang akan dimuat tanpa mengubah format dokumen di perangkat apa pun, terlepas dari sistem yang membukanya, tidak seperti dokumen Word yang rusak saat dibagikan di antara dua sistem. 

PDF tidak pernah dimaksudkan sebagai jenis file yang dapat diedit. Itu dianggap sebagai salinan akhir dari sebuah dokumen, yang dapat dibagikan di mana saja dan dilihat dengan mudah. Jadi, Anda tidak perlu menyalahkan ponsel Android Anda di sini, karena format file itu sendiri sulit untuk diedit.

Riwayat PDF yang cukup, mari mulai mengeditnya di ponsel Anda.

 

cara mengubah pdf di hp tanpa aplikasi

Cara Mengedit Dokumen PDF di HP Android dengan Gratis

Kami akan menunjukkan kepada Anda dua cara mengedit file PDF di ponsel Android Anda. Salah satunya dengan mengunduh aplikasi dari Play Store, dan satunya lagi melalui website online. Kedua metode ini gratis untuk digunakan dan tidak meninggalkan tanda air apa pun pada file PDF Anda.

Catatan: Anda dapat mengisi formulir PDF menggunakan Google Drive. Namun, itu tidak mendukung semua file PDF dan Anda mungkin juga kehilangan pemformatan.


Cara Pertama :

Gunakan PDFelement untuk Mengedit PDF Tanpa Mengubah Format

Jika Anda sering bekerja dengan PDF tetapi tidak ingin mengeluarkan uang untuk aplikasi, Anda harus PDFelement, salah satu aplikasi editor PDF gratis terbaik. Ini menawarkan beberapa fitur berguna termasuk anotasi dan mengedit dokumen secara gratis. Berikut cara menggunakannya.

  • Yang pertama harus dilakukan adalah, mengunduh aplikasi PDFelement dari Google Play Store.
  • Setelah berhasil terinstall, buka aplikasinya
  • Sekarang, cari file PDF yang ingin Anda edit. Atau, Anda juga dapat menggunakan opsi 'Buka Dengan' di pengelola file Anda, dan pilih elemen PDF untuk langsung membuka file PDF untuk diedit.
    edit pdf menggunakan opsi buka dengan

cara mengedit pdf di hp gratis


  • Lalu ketuk opsi Teks. Ini akan membiarkan Anda mengedit elemen tekstual dalam file PDF Anda.
cara mengedit pdf di hp tanpa aplikasi

  • Lalu anda bisa melakukan Edit PDF sesuai kebutuhan Anda.
  • Anda juga dapat menambahkan tanda air dan tanda tangan, serta menyorot atau membatalkan teks menggunakan opsi Komentar.
cara edit teks pdf di hp gratis
  • Setelah selesai mengedit PDF, ketuk ikon tiga titik dan pilih 'Simpan Salinan'.
  • Pilih nama untuk file PDF yang telah diedit. Anda juga dapat mengatur lokasi untuk menyimpan file Anda. Setelah selesai, ketuk Simpan.
  • PDF yang telah diedit akan disimpan ke folder tujuan pilihan Anda.

 

Cara Kedua :

cara mengedit pdf di hp tanpa aplikasi

 Edit Menggunakan Situs Web PDF Candy

Jika mengedit PDF adalah satu kali dan Anda tidak ingin menginstal aplikasi untuk itu, Anda dapat menggunakan editor PDF online gratis, PDF Candy. Ini menawarkan beberapa fitur dan menyelesaikan pekerjaan. Berikut cara menggunakannya.

  • Buka PDF Candy di browser web apa pun dan ketikkan https://pdfcandy.com/. Ini adalah alat online editor PDF gratis.
  • Selanjutnya Cari opsi Edit PDF. Ketuk di atasnya.
  • Sekarang ketuk tombol 'TAMBAHKAN FILE'. Ini akan membawa Anda ke manajer file telepon Anda di mana Anda dapat memilih PDF yang ingin Anda edit.
cara mengedit file pdf di android tanpa aplikasi
  • Setelah PDF terbuka di situs web PDFcandy, ketuk ikon T.
  • Ketuk dua kali pada area tempat Anda ingin mengedit. Perhatikan bahwa jika Anda melakukan satu ketukan saja, itu akan menambahkan kotak teks baru. Jadi gunakan ketuk dua kali untuk mengedit elemen tekstual yang ada.
cara mengedit pdf di hp iphone
  • Setelah pengeditan Anda selesai, ketuk tombol 'Ekspor File'.
  • Saat file PDF sudah siap, situs web akan menampilkan opsi pengunduhan kepada Anda. Ketuk 'Unduh file'.

Itu dia. Anda telah berhasil mengedit PDF tanpa kehilangan format di smartphone Android Anda. Sekarang, mari pelajari cara mengacak halaman pada file PDF langsung di ponsel Anda.


Bagaimana cara mengonversi file Word menjadi PDF di Android?


Aplikasi Google Documents adalah cara termudah untuk mengonversi file Word menjadi PDF di Android. Buka file Word di aplikasi Google Docs, Ketuk tiga titik > Bagikan dan ekspor > Simpan sebagai > Pilih dokumen PDF.


Bagaimana cara melindungi file PDF dengan kata sandi di Android?

Anda dapat menggunakan aplikasi PDFelement untuk melindungi file PDF dengan kata sandi di perangkat Android Anda. Pilih opsi 'Setel Kata Sandi' yang dapat diakses dari menu tiga titik di aplikasi.

 

Bisakah saya mengedit PDF di Android menggunakan Adobe Acrobat?

Anda hanya dapat mengedit PDF menggunakan aplikasi Adobe Acrobat di Android jika Anda memiliki langganan berbayar. Fitur Edit tidak tersedia dalam versi gratis aplikasi. Anda dapat dengan mudah mengedit file PDF di ponsel Android Anda dengan menggunakan seperangkat alat yang benar. Sebagian besar layanan pengeditan PDF mempertahankan fungsi utama 'Edit PDF' di belakang paywall. Namun, PDFelement dan PDF Candy adalah dua pengecualian. Jadi apakah Anda seorang pelajar, pengguna biasa, atau bahkan profesional, edit file PDF dengan mudah saat bepergian menggunakan ponsel untuk memaksimalkan produktivitas Anda.

Demikian tentang Cara edit File PDF di hp android gratis dan tanpa aplikasi yang bisa anda gunakan ketika memang saat butuh melakukan pengeditan PDF melalui smartphon. Terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.