Minggu, 11 Desember 2022

Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak Tidak Terbaca di Android

Kartu SD Tidak Terbaca - Pernah mengalami Kartu SD Tidak Terbaca Error Rusak atau Minta Format Ulang? Hampir semua orang saat ini memiliki gadget yang menggunakan kartu SD. Kartu SD paling sering digunakan dengan kamera digital, smartphone, ataupun komputer karena menyediakan cara yang nyaman dan aman untuk menyimpan data visual dalam jumlah besar. Memulihkan data dari kartu SD yang rusak secara fisik adalah jenis pengambilan file yang paling sulit. Meskipun kartu SD dimulai dengan kemampuan untuk menyimpan hanya beberapa lusin gambar, kartu SD modern dapat menyimpan ratusan foto beresolusi tinggi.

Sayangnya, kartu SD dapat rusak dengan sangat mudah. Kerusakan dapat disebabkan oleh:

  • Terkena Air
  • Pengaruh Kerak atau Kotoran
  • Terjatuh atau terbentur
  • Pengaruh bahan yang kurang berkualitas

Kartu SD juga bisa rusak jika terkena virus komputer. Meskipun kamera digital dan perangkat elektronik kecil lainnya jarang diretas, kartu SD dapat terinfeksi kode komputer yang mengganggu jika dimasukkan ke dalam kamera yang tersambung ke komputer melalui USB. Kerusakan juga dapat terjadi saat menggunakan pembaca kartu SD desktop atau laptop untuk meninjau konten kartu.

Artikel ini akan memandu Anda melalui beberapa solusi yang terbukti untuk cara memperbaiki kartu SD yang rusak pada smartphone Android tanpa harus menggunakan komputer. Selain perbaikan kartu SD Android, halaman ini juga menawarkan tip tambahan untuk perbaikan kartu SD plus metode alternatif untuk menyimpan file saat kartu SD atau slot kartu SD Android Anda tidak berfungsi dengan benar.
 

Mengapa Kartu SD Android Rusak?

Kartu SD dan MicroSD terkadang dapat memicu pesan kesalahan kerusakan saat digunakan di beberapa jenis perangkat atau telah dihapus secara fisik dari perangkat saat file sedang diakses atau ditransfer. Kartu SD yang rusak sering memicu pesan kesalahan yang berkaitan dengan kesalahan membaca dan menulis, permintaan untuk memasukkan kembali kartu, atau pernyataan yang mengatakan bahwa kartu tidak dapat dikenali. Kecepatan akses file yang lambat juga bisa menjadi gejala dari beberapa kerusakan atau kerusakan, seperti halnya kartu SD yang tampak kosong.


Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak Tidak Terbaca di Android

Cara Memperbaiki Kartu SD Rusak Tidak Terbaca di Android


Berikut adalah beberapa strategi yang dapat Anda coba jika Anda mencurigai kartu SD ponsel Android Anda rusak.

Update Versi Android

Pembaruan sistem dapat memperbaiki sejumlah masalah termasuk yang terkait dengan mengakses file yang disimpan secara lokal dan di kartu SD. Kadang bukan micro SD yang rusak tapi system android yang membacanya sudah tidak bisa mengakses dengan sempurna.

sd card tidak terbaca samsung
 
Kartu SD memiliki Kunci

Sebagian besar kartu SD memiliki sakelar fisik yang dapat diputar untuk mengunci dan membuka akses tulis. Keluarkan kartu dan geser sakelar ke posisi mati jika Anda tidak dapat menulis file ke kartu SD.


Cek Fisik

Keluarkan kartu SD dari perangkat Android Anda dan periksa apakah ada kerusakan fisik. Pastikan kuningan tidak ada masalah seperti kerak yang menempel atau debu yang menutupi Keluarkan kartu SD dari ponsel atau tablet Android Anda dan dengan hati-hati bersihkan kotoran atau debu yang mungkin ada di atasnya dengan kain bersih. 

 

Slot Kotor

Selain kartunya, bisa jadi ada masalah pada sambungan plat yang ada di dalam slot atau tempat dari Micro SD itu. Bersihkan slot kartu SD. Dengan menyemprotkan Contact Cleaner dapat berguna untuk menghilangkan kotoran dan debu dari port kartu SD di perangkat Anda. Setelah selesai, masukkan kembali kartu SD dan coba akses lagi.

 

Coba dengan Card Reader

Coba gunakan card reader pada micro SD dan colokkan pada perangkat laion. Jika terbaca maka kartu SD anda tidak bermasalah tetapi masalahnya ada pada HP nya atau slotnya.  

 

Reset Smartphone

Jika semua cara sudah dilakukan belum membuahkan hasil tapi ketika Kartu SD dicolokkan komputer menggunakan card reader bisa muncul, cobalah untuk melakukan reset factory pada smartphone anda karena masalahnya ada pada hp bukan pada kartu SD nya.


Memperbaiki Kartu SD Tampa Komputer


Semua solusi dan perbaikan di atas bisa Anda lakukan di smartphone dan tablet Android tanpa menggunakan PC berbasis Mac atau Windows. Sistem operasi Android memiliki banyak alat penyimpanan dan file yang memungkinkan Anda mengakses konten kartu SD dan memformatnya jika diperlukan.
 

Memperbaiki Kartu SD Tanpa Format


Kemungkinan besar, tidak. Meskipun Anda dapat mencoba langkah-langkah di atas untuk mengakses konten di kartu SD, memformat kartu SD adalah salah satu cara paling efektif untuk memperbaiki kartu SD yang menyebabkan kesalahan pada Android dan banyak jenis perangkat lainnya. Kartu SD bahkan mungkin perlu diformat jika sebelumnya telah digunakan di perangkat lain seperti kamera digital atau konsol video game seperti Nintendo Switch.

Jika Anda perlu memformat kartu SD untuk digunakan di perangkat Android Anda, jika memungkinkan, coba salin file ke folder lokal sebagai cadangan sebelum memulai proses. Anda biasanya dapat melakukannya di aplikasi penjelajah file biasa di ponsel cerdas, tablet, dan komputer. Itulah cara mengatasi Kartu SD tidak terbaca yang bisa anda lakukan di Android anda.


Diberdayakan oleh Blogger.