Jumat, 28 Oktober 2022

Cara Menghapus Cache Facebook di Android dan iPhone

Tips Facebook - Punya Aplikasi Facebook dan sering digunakan di HP kita? Jangan lupa untuk rajin menghapus Cache, karena cache yang berlebihan menyebabkan kinerja aplikasi terlalu berat dan mungkin error. Facebook di Android dan iOS mengumpulkan cache untuk memuat halaman yang sering dikunjungi dengan cepat, feed beranda, dan informasi lainnya di aplikasi. Bagaimana Cara Menghpaus Cache Facebook di Android dan iPhone? Cache adalah kumpulan file kecil yang disimpan Facebook untuk meningkatkan pengalaman pengguna di ponsel. Terkadang aplikasi mengumpulkan data cache yang rusak dan membuat Anda mengalami masalah seperti umpan tidak memuat gambar, notifikasi tidak berfungsi, dan banyak lagi.

Facebook adalah salah satu situs sosial media populer, menawarkan banyak fitur yang berguna dan menarik. Anda dapat tetap berhubungan dengan teman dan anggota keluarga Anda melalui obrolan, panggilan suara, dan panggilan video melalui Facebook. Selain itu, Facebook juga memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan postingan yang dibagikan oleh pengguna lain. Sebagai pengguna Facebook aktif, Anda mungkin melihat berbagai postingan dalam bentuk status, foto, atau video di layar beranda yang kemungkinan besar akan Anda gunakan untuk berinteraksi. Postingan yang berinteraksi dengan Anda dan video yang Anda bagikan atau tonton disimpan di latar belakang untuk membuat semuanya dimuat lebih cepat saat berikutnya Anda memeriksa kembali postingan tersebut.

Ini disebut data cache, dan Facebook menyimpannya di perangkat Anda. Fitur ini dimaksudkan untuk memberi manfaat bagi pengguna dan mengurangi penggunaan internet, tetapi seiring waktu, data ini dapat menumpuk dan mengisi lebih banyak ruang penyimpanan perangkat Anda. Dalam beberapa kasus, cache yang kedaluwarsa bahkan dapat menyebabkan situs atau aplikasi mogok atau gambar/video tidak memuat masalah. 

Menghapus cache juga membantu Anda mengosongkan ruang penyimpanan di Android atau iPhone Anda tanpa mencopot pemasangan aplikasi yang relevan. Ini adalah salah satu cara efektif untuk mengosongkan ruang di ponsel Anda. Anda harus menghapus cache Facebook di Android dan iPhone. 


Cara Menghapus Cache Facebook di Android dan iPhone

Cara Menghapus Cache Facebook di Android dan iPhone


Baik di Android maupun iPhone, cache perlu dibersihkan. Untuk lebih jelasnya, kami mencoba memberikan cara bagi pengguna iPhone juga Android.

 

Cara Membersihkan Data Cache Facebook di Android

Jadi, jika Anda ingin mengosongkan beberapa ruang penyimpanan, atau jika fitur Facebook tertentu tidak berfungsi di perangkat Anda, Anda perlu mengosongkan cache di Facebook. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membagikan panduan langkah demi langkah untuk membersihkan cache dan cookie di aplikasi Facebook untuk Android. Caranya:

  • Pertama-tama, buka aplikasi Pengaturan atau Menu Setting di smartphone Android Anda.
  • Pada Pengaturan, klik Aplikasi dan akan muncul semua daftar Aplikasi yang terinstall di hp kita
  • Cari yang Aplikasi Facebook dan pilih atau ketuk aplikasi Facebook.
  • Pada layar berikutnya, ketuk opsi Penyimpanan
  • Pada halaman Penyimpanan, ketuk tombol Hapus Cache.

Itu dia! Kamu selesai. Ini akan menghapus cache aplikasi Facebook di perangkat Android Anda.

Cara Membersihkan Data Cache Facebook di Android


Cara Membersihkan Data Cache Facebook di iPhone

Jika anda pengguna iPhone, begini cara membersihkan Cache. Tidak ada opsi langsung untuk menghapus cache aplikasi Facebook di iPhone. Anda perlu membongkar aplikasi dan menginstalnya kembali untuk menghapus cache aplikasi. Jadi, jika Anda ingin menghapus cache di aplikasi Facebook untuk iPhone, Anda harus mengikuti langkah-langkah ini.

  • Pertama-tama, buka aplikasi Pengaturan di iPhone Anda.
  • Pada Pengaturan, gulir ke bawah dan ketuk Umum. 
  • Pada halaman Umum, pilih atau ketuk Penyimpanan iPhone.
  • Sekarang Anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstal. Gulir ke bawah dan ketuk Facebook.
  • Pada halaman aplikasi Facebook, ketuk opsi Offload App.
  • Setelah selesai, Anda akan mendapatkan opsi untuk menginstal ulang aplikasi lagi.
  • Itu dia! Kamu selesai. Ini akan menghapus cache aplikasi Facebook di iPhone.


Karena sama seperti perangkat iPhone, cache Facebook yang Anda miliki di perangkat Android juga menempati banyak ruang yang dapat menyebabkan kinerja perangkat Anda buruk. Setiap kali Anda menggunakan aplikasi tertentu di perangkat Android Anda, itu juga mulai menyimpan file sementara dan berfungsi sebagai referensi.

 

cara menghapus cache difacebook di iphone

 

Apa Yang Terjadi Saat Anda Menghapus Cache Facebook


Menghapus cache Facebook akan menghapus informasi login Anda dan file sementara lainnya. Itu tidak memengaruhi pesan, foto, cerita, atau informasi pribadi Anda. Data Anda aman di server Facebook. Ketika Anda memulai lagi, Anda cukup masuk ke akun Facebook Anda dan mendapatkan semuanya kembali. Anda mungkin melihat waktu pemuatan yang lambat dan penggunaan data yang tinggi.

Cukup mudah untuk menghapus cache Aplikasi Facebook di Android dan iPhone. Kami berharap beberapa cara diatas ini bisa membantu anda yang sedang mencari cara menghapus Cache FB. Silakan berbagi dengan teman-teman Anda juga. Jika Anda memiliki keraguan terkait dengan ini, beri tahu kami di kotak komentar di bawah.

Diberdayakan oleh Blogger.