Sabtu, 04 April 2020

Penyebab dan Perbaikan Kartu SD (microSD) Kosong atau Memiliki Sistem File Tidak Didukung

Pernah mengalami saat melakukan pengiriman file ke memori eksternal atau kartu SD muncul keterangan "SD card that is blank or has an unsupported file system" atau "kartu sd kosong atau memiliki sistem file tidak didukung" ? Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? dan bagaimana mengatasinya? Kesalahan "kartu SD kosong atau memiliki sistem file yang tidak didukung" biasanya terjadi ketika operasi yang salah telah dilakukan. Ketika itu terjadi, kartu SD umumnya menjadi tidak dapat dibaca atau tidak terdeteksi. Dan alasan utama mengapa kita mendapatkan kesalahan ini adalah kerusakan kartu SD, kerusakan fisik maupun kerusakan secara sistem, sistem file mentah, serangan virus, atau pembacaan kartu yang salah, dll.

Penyebab Kartu SD yang Kosong atau Memiliki Sistem File yang Tidak Didukung

Masalahnya biasanya terjadi pada kartu SD ponsel Android dan biasanya terjadi saat penyimpanan file yang ditangkap oleh kamera dan pengaturannya tersimpan ke micro SD. Ketika itu terjadi, kita akan langsung berfikir bahwa dengan melakukan format ulang micro SD akan menjadi metode paling ampuh untuk memperbaiki kartu SD kosong. Mungkin ada benarnya, tetapi cara ini akan menghapus semua data yang ada di dalam kartu, sehingga menyebabkan kehilangan data yang mungkin penting bagi kita. Apakah tidak ada cara lain untuk mengatasi kesalahan ini? Tentu, di sini di posting ini kami menyajikan solusi lengkap dan aman untuk memperbaiki kesalahan "kartu SD kosong atau memiliki sistem file yang tidak didukung"

Cara Mengatasi Kartu SD Kosong atau Memiliki Sistem File Tidak Didukung

Kartu SD Kosong atau Memiliki Sistem File Tidak Didukung


Jika anda mengalami masalah ini, anda perlu mencoba melakukan cara di bawah ini yang kemungkinan bisa mengembalikan atau memperbaiki micro SD seperti semua.

Cek  lewat komputer atau Laptop
Cobalah untuk mencolokkan smartphone ke komputer atau laptop, kemudian cek apakah kartu SD atau memori eksternal terbaca oleh komputer?

Jika kartu SD masih terbaca atau terdeteksi di komputer, berarti kesalahan bukan pada kartunya melainkan pada smartphone. Kemungkinannya ada system pembacaan yang crash atau bisa juga dudukan kartu memori sudah rusak sehingga tidak bisa membaca kartu dengan benar. Artinya mendeteksi kartu ada tetapi tidak bisa membaca sepenuhnya atau membaca isinya. Bila hal ini yang menjadi penyebabnya cobalah untuk membersihkan bagian dudukan atau kuningan pada kartu SD dan dudukannya. Beberapa hp android mungkin dengan mudah terlihat tempat kartu SD nya sehingga membersihkannya lebih mudah. Namun ada beberapa tipe smartphone yang tempat kartunya tersembunyi atau slot memorinya ada di bagian dalam sehingga sangat sulit.

Cara yang mungkin bisa dilakukan selain di atas adalah dengan melakukan restart system, caranya:
  • Matikan hp android dan ambil kartu SD nya. Jangan dipasang.
  • kemudian nyalakan dengan menekan dan tahan Volume down dan tombol Powersecara bersamaan sampai ada getaran (tahan 10 - 15 detik)
  • Lepaskan tombol, kemudian segera tekan-tahan tombol volume down sampai di layar muncul tanda seru besar ( ? ).
  • Setelah tanda seru muncul, tekan empat tombol berikut dalam urutan ini: Volume up, Volume down, Power, Volume down. 
  • Jika berhasil maka ponsel akan memulai reset atau restart system.
Perlu diingat, cara ini akan menghilangkan semua data di dalam memori internal


Jika kasusnya bukan pada hp android anda melainkan ketika dicolokkan ke komputer ternyata kartu SD tidak dapat dideteksi atau dikenali oleh smartphone, berikut adalah dua metode untuk memperbaikinya:

Cara Pertama:
  • Sambungkan smartphone ke komputer atau laptop menggunakan kabel data, pastikan di komputer muncul nama device smartphonenya kemudian klik dan pastikan ada dua terbaca yaitu memori internal dan micro SD
  • Kemudian pada komputer Ketik "cmd" di kotak pencarian dan klik kanan "Command Prompt". Kemudian pilih opsi "Run as administrator".
  • Ketik "set devmgr_show_nonpresent_devices = 1" pada antarmuka prompt perintah. Kemudian ketik "start devmgmt.msc" dengan menekan Enter.
  • Kemudian "Pengelola Perangkat" akan terbuka dan klik "Lihat" di pengelola perangkat.
  • Pilih "Tampilkan perangkat tersembunyi" dan kemudian rentangkan "Disk Drive" dan "Universal Serial Bus Controller" dengan mengklik simbol "+".
  • Jika Anda menemukan entri abu-abu> Klik kanan padanya> Pilih "Hapus Instalasi". Kemudian nyalakan kembali komputer Anda dan sambungkan kembali kartu SD ke sana. Driver akan diinstal ulang dan kartu SD akan dihapus oleh komputer Anda sekarang.
Jika cara diatas belum berhasil membuat kartu SD terbaca, coba cara kedua:

Cara Kedua :
  • masih menggunakan CMD. Ketikkan cmd di kotak pencarian dan kemudian klik kanan "cmd.exe" . Pilih run as Administrator
  • Ketikkan chkdsk / X / f G: atau chkdsk G: / f; (G menunjukkan huruf kartu kosong Anda)
  • Pulihkan data dari kartu SD yang kosong dan tidak didukung

Apa yang harus dilakukan jika kesalahan "kartu SD kosong atau memiliki sistem file yang tidak didukung" masih ada setelah mencoba 2 metode di atas. Jangan khawatir! Anda masih dapat mencoba memulihkan data dari kartu SD kosong dan kemudian memformatnya untuk memperbaikinya secara permanen. Anda bisa menggunakan aplikasi Recuva. Program pemulihan data Recuva ini memiliki antarmuka yang cukup ramah dan menawarkan hasil yang baik, mengelola untuk memulihkan sebagian besar file yang hilang. Recuva adalah program gratis dan, seperti DiskDigger, ia juga memiliki versi portabel yang memungkinkan kita untuk menjalankannya dari stik USB tanpa perlu menginstal apa pun di PC.


Format kartu SD yang tidak didukung untuk digunakan kembali
Akhirnya setelah Anda memulihkan data dari kartu kosong, Anda dapat memformat kartu SD dengan sistem file yang diinginkan, yang membantu menghapus secara permanen pesan kesalahan "Kartu SD kosong atau memiliki sistem file yang tidak didukung "Membuat kartu berfungsi dengan baik lagi. Untuk melakukannya:
  • Buka Disk Management> Klik kanan pada kartu SD dan pilih "Format"> Pilih sistem file NTFS / FAT dan ganti nama kartu SD Anda> Klik OK. 

Kami harap beberapa cara mengatasi Kartu SD Kosong atau Memiliki Sistem File Tidak Didukung dari yang kami paparkan bisa membantu anda yang sedang mengalami masalah tersebut. Jika ada keluhan atau ada kesalahan atas apa yang kami sajikan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.