Minggu, 04 Juni 2023

Cara Mengatasi HP Android yang Sering Bergetar Sendiri

Pernah mengalami hp android bergetar sendiri padahal tidak ada notifikasi masuk? Ponsel Android biasanya bergetar untuk memberi tahu jika ada tentang panggilan masuk, pesan, dan notifikasi aplikasi. Tetapi bagaimana jika tiba-tiba bergetar dan muncul kadang-kadang tanpa sebab? Mungkin hal ini bisa jadi gangguan dalam kondisi-kondisi tertentu, terutama saat Anda sibuk dan ingin menghindari gangguan. Atau sedang dalam perjalanan dan kita menepi karena dikira ada panggilan masuk.

HP yang bergetar sendiri, ada beberapa penyebab getaran acak tersebut, mulai dari gangguan sementara hingga aplikasi yang tidak berfungsi. Jika kamu tidak yakin apa yang menyebabkan masalah, periksa perbaikan berikut untuk menghentikan ponsel Androidmu bergetar tanpa alasan.

Cara Mengatasi Android Bergetar Sendiri Tidak Ada Notifikasi

 

kenapa hp tiba tiba bergetar sendiri

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, diantaranya :


1. Restart Smartphone Kamu 

Salah satu langkah awal yang paling mudah dan dasar adalah dengan melakukan restart. Ini mungkin tampak seperti solusi dasar, tetapi memulai ulang ponsel dapat menyelesaikan banyak masalah. Oleh karena itu, tidak bisa diremehkan cara ini. Jika itu hanya kesalahan terkait OS yang menyebabkan ponsel bergetar sendiri, cara restart akan membantu menyelesaikan masalah ini. Cara restart:

  • Tekan dan tahan tombol daya hingga muncul menu daya
  • Lalu pilih menu Restart

Tunggu hingga proses restart selesai, kemudian coba cek apakah penyakit getar masih muncul atau tidak

hp android bergetar sendiri

2. Cek Riwayat Pemberitahuan/Notifikasi 

Beberapa peringatan aplikasi di ponsel mungkin hilang secara otomatis setelah waktu tertentu. Ada kemungkinan notifikasi yang menyebabkan Android bergetar telah dihapus sebelum kamu membukanya. Untungnya, Android mencatat semua notifikasi yang kamu terima, sehingga kamu bisa memeriksa riwayat notifikasi untuk memverifikasi apakah memang masalah getar akibat ada notifikasi yang belum dibuka tapi sudah hilang dari notifikasi bar. Cara cek riwayat notifikasi, ialah:

  • Buka aplikasi Pengaturan dan ketuk Notifikasi.
  • Ketuk Pengaturan lanjutan.
  • Pilih Riwayat notifikasi untuk melihat daftar notifikasi terbaru beserta waktu tepatnya.

hp bergetar tapi tidak ada notifikasi
Jika menemukan aplikasi apa pun mengirimkan peringatan menghilang berulang kali, kamu dapat mematikan notifikasi untuk aplikasi tertentu tersebut sehingga getar tidak lagi muncul sebagai tanda notifikasi.


3. Matikan Pengingat Notifikasi 

Beberapa interfae dari merk hp Android tertentu, seperti One UI, memiliki pengingat notifikasi yang mengirimkan peringatan berkala tentang notifikasi dari aplikasi penting. Ini dapat menyebabkan ponsel akan bergetar setiap beberapa menit hingga kamu melakukan tindakan atau membuka isi dari notifikasi tersebut. Jika karena hal ini darn kamu tidak menginginkannya, berikut cara menonaktifkan fitur ini di androidmu

  • Buka aplikasi Pengaturan dan ketuk Notifikasi.
  • Ketuk Pengaturan lanjutan dan nonaktifkan sakelar di sebelah Pengingat pemberitahuan dari menu berikut.



4. Periksa Kabel atau Adaptor Charger 

Cara ini berlaku jika hanya munculnya getar saat sedang mengisi daya atau sedang disharger. Jika hp mu hanya bergetar secara acak saat mengisi daya, bisa jadi karena kabel atau adaptor pengisi daya yang longgar. Ini juga dapat terjadi jika aliran daya dari sumber listrik tidak stabil. Untuk memperbaikinya, cabut kabel pengisi daya dan adaptor lalu pasang kembali. Coba gunakan charger yang berbeda kali ini dan periksa apakah masalah masih terjadi.

kenapa handphone bergetar sendiri

5. Cek Fisik dari Hardware

Apakah ponsel Anda mengalami kerusakan fisik baru-baru ini? Itu bisa merusak port pengisian daya atau komponen internal lainnya, mengakibatkan getaran yang tidak terduga. Ponsel yang rusak juga dapat menyebabkan masalah lain. Oleh karena itu, kamu bisa cek secara kasat mata apakah ada masalah pada port misalnya kuningan yang bengkok atau terlihat tidak biasa. Untuk lebih jelasnya memang perlu berkonsultasi dengan teknisi smartphone yang kamu kenal



6. Instal Pembaruan Aplikasi dan Android 

Hp bergetar sendiri di Android Anda mungkin disebabkan oleh aplikasi yang salah yang masih berjalan di latar belakang. Jika karena hal ini, memperbarui aplikasi mungkin menjadi jalan yang akan membantu. Untuk memperbarui semua aplikasi secara manual sekaligus, gunakan langkah-langkah berikut:

  • Buka Google Play Store di ponsel Anda. 
  • Ketuk ikon profil Anda di sudut kanan atas dan pilih 'Kelola aplikasi & perangkat.'
  • Ketuk opsi Perbarui semua untuk menginstal semua pembaruan aplikasi yang tertunda.
hp getar tapi tidak ada notifikasi

Saat melakukannya, Anda juga harus memeriksa hp androidmu untuk pembaruan perangkat lunak yang tertunda dan menginstalnya. Untuk melakukannya, buka aplikasi Pengaturan dan ketuk Pembaruan perangkat lunak. Ketuk Unduh dan instal untuk memeriksa pembaruan yang tertunda dan menginstalnya.


7. Buka Safe Mode 

Jika dengan melakukan update atau pembaharuan aplikasi masih tidak menyelesaikan masalah hp bergetar sendiri, cobalah masuk ke Safe Mode, yang akan berjalan tanpa aplikasi pihak ketiga. Dengan kita tahu apa sumber masalahnya. Pada HP kita atau ada aplikasi lain yang menyebabkan masalah ini muncul. Cara masuk ke Safe Mode:

  • Tekan dan tahan tombol daya untuk mengakses menu daya. 
  • Tekan lama opsi Restart lalu ketuk tanda centang hijau untuk mem-boot ke Safe Mode


Setelah perangkat Anda masuk ke Safe Mode, periksa apakah penyakit hp bergetar sendiri ini masih muncul. Jika tidak, itu berarti salah satu aplikasi pihak ketiga yang menyebabkan masalah. Segera hapus aplikasi yang menjadi biang kerok dari masalah ini.



8. Reset Factory

Jika tidak ada trik di atas yang berhasil, pertimbangkan untuk mengatur ulang Android dengan mengembalikan ke setelan awal. Ini akan mengembalikan ponsel ke pengaturan default, menyelesaikan masalah yang disebabkan oleh pengaturan yang salah konfigurasi.

Untuk mengatur ulang Android, gunakan langkah-langkah ini:

  • Buka aplikasi Pengaturan, arahkan ke Manajemen umum, dan pilih Reset dari menu berikut.
  • Ketuk Atur ulang semua pengaturan dan tekan tombol Atur ulang pengaturan untuk konfirmasi.


Mengalami hp bergetar sendiri padahal tidak ada pesan masuk memang bisa dibilang cukup mengganggu. Masalah ini tidak hanya dapat menguras baterai perangkat secara tidak perlu, namun juga menguras energi akibat sering dianggap ada pesan masuk beneran. Semoga, salah satu perbaikan dari beberapa poin di atas bisa membantu kamu menyelesaikan masalah ini. Terima kasih sudah berkunjung, terima kasih.

Diberdayakan oleh Blogger.