Senin, 12 Desember 2022

HP Tidak Bisa Connect WiFi Masalah Autentikasi? Cek Caranya Disini

Mengatasi Wifi - Bagaimana mengatasi kesalahan otentikasi wifi di android? Jika layar setelan Wi-Fi di ponsel atau tablet Android Anda menunjukkan adanya masalah autentikasi, Anda tidak akan dapat menjangkau internet dengan benar. Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah dan kembali online. Langkah-langkah secara detailnya mungkin masing-masing tipe hp berbeda dan juga versi android yang Anda jalankan, tetapi proses dasarnya akan sama.


Mengapa Muncul Wifi Kesalahan Gagal Otentikasi?


Tidak ada satu pun alasan yang jelas untuk masalah ini, tetapi berikut adalah beberapa ide yang akan kami pertimbangkan:

  • Salah Password
  • Kesalahan Jaringan
  • Koneksi yang buruk ke router.
  • Pengaturan jaringan rusak.
  • Frequency Band pada setelan jaringan salah

 

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Connect WiFi Masalah Autentikasi


 

Cara Mengatasi HP Android Tidak Bisa Connect WiFi Masalah Autentikasi

Di bawah ini adalah daftar semua yang harus Anda coba. Kami telah mengumpulkan semua solusi terbaik dari berbagai macam pengguna yang mengalami kesalahan ini. Pastikan untuk mengerjakan daftar ini sesuai urutan yang telah kami susun sehingga Anda mencoba solusi yang lebih mudah terlebih dahulu.

 

Pancing Koneksi melalui AirpLane Mode

Aktifkan mode pesawat lalu matikan lagi. Mengaktifkan dan menonaktifkan fitur ini pada dasarnya akan mem-boot ulang radio nirkabel dan secara paksa mencoba membuat koneksi baru ke jaringan Wi-Fi. Dengan asumsi jaringan dan ponsel Anda berfungsi dengan benar, kemungkinan besar ini adalah perbaikan untuk masalah ini jika Anda tahu Anda tidak mengubah kata sandi Wi-Fi baru-baru ini.

 

Restart Ponsel

Memulai ulang ponsel Anda (juga disebut me-reboot) mudah dilakukan, dan sering kali memperbaiki masalah seperti ini.

 

Hapus atau Klik "Lupakan" jaringan Wi-Fi dari ponsel

Dengan menghapusnya dari daftar jaringan yang disimpan. Lakukan ini dengan mengakses pengaturan Wi-Fi, lalu buka ikon roda gigi/pengaturan di sebelah jaringan yang menampilkan kesalahan, dan pilih Lupakan. Setelah melakukan itu, sambungkan kembali perangkat Android Anda ke Wi-Fi dengan memasukkan kata sandi lagi secara manual.

Selesaikan langkah ini meskipun Anda yakin itu kata sandi yang benar. Meskipun Anda telah menggunakan jaringan Wi-Fi ini ratusan kali di hari-hari sebelumnya, memasukkannya kembali seperti ini merupakan langkah yang berguna untuk merefresh daftar jaringan.

 

Setel ulang pengaturan jaringan telepon

Penyetelan ulang pengaturan jaringan menghapus semua informasi terkait jaringan (bukan hanya yang Anda "lupakan" di langkah sebelumnya), termasuk semua jaringan Wi-Fi yang tersimpan dan data terkait lainnya. Tujuannya di sini adalah mengatur ulang sebanyak mungkin tanpa menghapus file pribadi Anda (1langkah terakhir di bawah). 

Lakukan ini melalui:

  • Pengaturan > Sistem > Atur ulang opsi > Atur Ulang Wi-Fi, seluler & Bluetooth.
  • Anda harus mencoba menyambung ke jaringan lagi setelah langkah ini.


Pecahkan masalah ini sebagai koneksi internet yang lambat. Hal-hal seperti kelebihan bandwidth dan gangguan sinyal mungkin berperan dan menyebabkan masalah otentikasi.  

 

Periksa Sumber Jaringan

Cek pada Wifi pemancarnya, berapa banyak perangkat yang berjalan di jaringan sekaligus. Meskipun kecil kemungkinannya, terutama di jaringan rumah, untuk mencapai perangkat maksimal yang didukung oleh router, ini bisa menjadi alasan perangkat Anda menunjukkan kesalahan autentikasi. Pastikan kuota dari jumlah batas pengguna yang menggunakan masih cukup.

Muncul Wifi Kesalahan Gagal Otentikasi


Reboot Jaringan

Dengan melakukan reboot wifi atau routernya  akan menghapus semua penyesuaian yang dilakukan pada router untuk melakukan refresh. Setelah itu coba untuk menyambungkan kembali ponsel Anda ke jaringan tersebut.

 

Ubah Jaringan

Jika perangkat keras jaringan Anda mendukungnya, pisahkan jaringan 5 GHz dan 2,4 GHz jika router Anda menyiarkan di kedua pita frekuensi dengan SSID dan kata sandi yang sama. Beberapa pengguna beruntung memperbaiki kesalahan otentikasi Wi-Fi ini dengan mengubah nama jaringan dan kata sandi untuk salah satu band. Apa yang mungkin terjadi adalah ponsel menjadi bingung atau masuk ke mode sangat aman ketika melihat dua jaringan berbeda dengan kredensial yang sama, dan mencegah Anda mengakses salah satunya.

 

Set-up IP Statis

Siapkan ponsel Anda dengan alamat IP statis. Untuk alasan apa pun, router Anda mungkin mengalami masalah dalam menetapkan alamat yang berfungsi untuk perangkat Anda, jadi memilih alamat IP statis mencegahnya berubah dan membebaskan router dari keharusan melakukannya melalui DHCP.

 

Update Versi Android

Periksa pembaruan OS Android. Ini lebih sulit daripada langkah-langkah lainnya, tetapi mungkin ada pembaruan yang belum Anda terapkan yang memperbaiki masalah khusus ini. Layak dicoba, setidaknya, sebelum melanjutkan ke langkah terakhir di bawah ini.


Factory Reset Smartphone anda

Ini adalah hal terakhir yang Anda kendalikan di ponsel Anda yang dapat memperbaiki masalah ini. Ini akan sepenuhnya menghapus semua penyesuaian pada perangkat Anda, termasuk semua file media, aplikasi, dll yang disimpan secara lokal. 


Jika sambungan Wi-Fi Anda terus menurun, hal itu mungkin disebabkan jaringan kelebihan beban, gangguan dari sinyal Wi-Fi lain, atau router berada di luar jangkauan. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang tepat.


Jika Android Anda tidak dapat terhubung ke Wi-Fi, perangkat lunak atau perangkat keras perangkat Anda mungkin tidak berfungsi, jaringan Wi-Fi Anda mungkin mengalami masalah, atau Anda berada terlalu jauh dari router.

Jika Anda memiliki Wi-Fi tetapi tidak ada koneksi internet, masalahnya biasanya terletak pada perangkat Anda, bukan pada penyedia layanan internet Anda. Mulai ulang router dan modem. Jika Anda masih tidak memiliki internet setelah memulai ulang, Anda dapat mencoba beberapa langkah pemecahan masalah lainnya.


Demikian Cara Mengatasi Kesalahan Autentikasi Wifi Pada Android yang bisa anda coba ketika anda mengalami masalah ini. Semoga beberapa paparan dari poin-poin di atas, salah satunya dapat membantu masalah yang sedang anda alami dengan cepat dan tepat. Jangan lupa meninggalkan komentar atau tambahan untuk kesempurnaan tulisan dan bisa lebih bermanfaat bagi pengguna yang membaca setelah anda.


Diberdayakan oleh Blogger.