Senin, 20 Juni 2022

HP dicas Tidak Mengisi Malah Berkurang? iPhone dan Androidmu Cek Caranya Disini

Mengatasi Baterai HP - Kenapa HP Android dicas malah berkurang? apakah anda pernah mengalami hal ini? Salah satu masalah yang sering dialami orang adalah ini. HP dicas tidak mengisi atau dicharger malah berkurang persentasenya. Jika hal ini tidak segera ditangani kemungkinan bisa merambat penyakitnya ke masalah lain seperti baterai panas atau hp tidak bisa dicas hingga mati total.  Beberapa penyebab awalnya kadang sepele seperti menggunakan charger sembarangan, atau hp sudah panas untuk main game tetap dipakai hingga overhead panasnya, atau hp yang sering habis baterainya sampai mati sendiri. 


Baterai Dicas Malah Berkurang awalnya mungkin hal sepele, tetapi jika ini tidak segera ditangani kemungkinan baterai akan rusak dalam jangka waktu yang panjang. Maka dari itu segera lakukan hal-hal yang mungkin bisa ditangani sendiri sebelum masalah ini semakin merambah ke kerusakan lain. Untuk itu perlu dianalisa penyebab dan cara mengatasi dari masalah hp dicas lama penuh atau malah berkurang.

 

Penyebab baterai hp lama penuh saat dicas

Ada beberapa penyebab yang bisa diketahui dari munculnya hp dicas tidak mengisi, diantaranya:

  • Sering sambil dipakai saat dicharger
  • Baterai sudah tidak normal
  • Socket atau Port pengisian bermasalah
  • Ada File System Android yang Corrupt

 

Mengatasi HP Android Dicas Malah Berkurang

Mengatasi HP Android Dicas Malah Berkurang

Setelah mengetahui penyebab-penyebab yang mungkin menjadi pemicu munculnya masalah ini, kita bisa mencoba mengatasi dengan beberapa cara yang bisa kita lakukan sendiri sebelum dibawa ke tukang service center. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan :


Charger Bermasalah/Voltage tidak Sesuai

Pemicu utama biasanya kita mencari yang paling ringan dulu yaitu masalah charger. Pastikan charger yang digunakan bawaan dari ponsel atau minimal yang memiliki output voltage yang sama sehingga tegangan daya yang masuk sesuai dengan kebutuhan saat pengisian baterai. Atau bisa juga jika menggunakan charger asal-asalan kemungkinan voltage yang dialirkan tidak stabil atau naik turun menyebabkan kinerja baterai bermasalah dalam jangka waktu lama dan salah satu tandanya dicas malah berkurang yang dalam kasus ini harus ganti baterai. 


Aplikasi Mencurigakan

Jika sebelum terjadinya masalah ini anda sempat menginstall aplikasi atau game kemudian setelah itu baru muncul masalah ini, kemungkinan besar masalah muncul dari aplikasi tersebut. Cobalah untuk menguninstall atau mencopot pemasangan dan coba untuk dicas  kembali apakah sudah normal kembali.


Kinerja Baterai sudah tidak Normal

Salah satu akibat dari penggunaan ponsel sambil dicas menyebabkan kinerja baterai menurun dan bermasalah. Menyebabkan baterai rusak atau tidak bisa diisi penuh, akibatnya seolah dicas malah berkurang padahal memang tidak mampu menyimpan daya yang masuk sepenuhnya sehingga meski dicas lama tetap tidak bisa penuh


System Error

Salah satu harapannya kerusakan cuma karena ini, system saja. Jadi secara hardware tidak masalah, semua normal. Baterai masih bagus, charger masih bagus tapi tidak pernah bisa mengisi penuh. Salah satu kemungkinan, ada masalah pada kinerja software atau sistem androidnya. Cobalah lakukan update software atau perbaharui sistem android dengan mengunjungi Setting>>Tentang Ponsel, dan cek pembaharuan System.

mengatasi baterai tidak penuh


Socket Port Penghubung Charger Goyang

Kemungkinan lain, dudukan socket port bermasalah seperti:

  • Kotor/berkerak sehingga daya tidak mengisi secara maksimal
  • Goyang atau putus nyambung sehingga tidak sepenuhnya masuk
  • Patah atau putus sambungannya sehingga daya tidak masuk dan menyebabkan berkurang

Untuk mengatasi hal ini perlu kita membuka casing belakang, kemudian cek socket nya atau bersihkan dengan contact cleaner. Setelah itu dicoba charger lagi. Jika masih belum ada perubahan, buka kembali dan cek menggunakan multimeler untuk mengecek apakah ada putus atau tidak pada jaringan port pengisiannya.


Gunakan Aplikasi Indikator

Salah satu cara lain untuk mengetahui apakah baterainya rusak atau tidak, bisa menggunakan aplikasi bernama AMPERE yang bisa diunduh melalui Playstore. 

mengatasi baterai dicas tidak bisa penuh

Aplikasi ini untuk melihat status baterai sama dengan indikator yang muncul di ponsel. Juga melihat kesehatan baterai anda. Aplikasi ini akan memunculkan detail baterai HP, mulai dari status baterai sedang di cas atau tidak, persentase baterai, tingkat kesehatan baterai, temperatur, tegangan, dan beberapa indikator lain.


Ganti Baterai

Jika memang semua cara di atas sudah dilakukan dan hasilnya memang secara hardware ada masalah yaitu baterai, satu-satunya jalan adalah ganti baterai. Mungkin bagi ponsel yang removable baterai atau bisa dilepas tidak begitu masalah. Namun jika menggunakan baterai tanam ada baiknya penggantian dilakukan pada teknisi ponsel. Cek harga baterai sesuai dengan tipe smartphone milik kamu. Bisa pilih yang kualitas biasa atau yang original. Jika menginginkan original ada baiknya datang ke service center terdekat di wilayah anda sesuai dengan brand ponsel anda.


Demikian penjelasan HP Dicas Malah Berkurang yang bisa kita paparkan saat ini. Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada kekurangan atau perubahan demi manfaat bagi pembaca setelah anda.. Jangan ragu juga untuk bertanya dan diskusi melalui kolom komentar. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.