Senin, 04 April 2022

Sering Hidup Tiba-tiba? Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri

Bluetooth Error - Pernah mengalami Bluetooth HP android Hidup Sendiri? Fitur Bluetooth masih menjadi fitur yang selalu ada di semua HP android. Entah keluaran lama ataupun keluaran Baru, semua masih memiliki fitur Bluetooth ini. Meskipun dewasa ini, peran Bluetooth sudah banyak digantikan oleh aplikasi ketiga, namun tidak bisa dipungkiri masih banyak pengguna masih menjadikan Bluetooth sebagai pilihan utama. Mungkin factor keamanan dan akses yang mudah dijadikan salah satu alasan kenapa tetap bertahan dan setia pada Bluetooth, apalagi Bluetooth juga tidak memerlukan jaringan internet.
 

Bluetooth Menyala Sendiri di HP Android mungkin bukan hal yang asing bagi kita. Bagi kamu yang masih setia dengan Bluetooth, pasti pernah menemukan pada suatu ketika Bluetooth menyala sendiri meskipun sudah dinonaktifkan. Sebelumnya ada baiknya kamu menyimak dulu apa penyebab yang membuat Bluetooth menyala sendiri meskipun sudah dimatikan secara manual:

Penyebab Bluetooth Menyala Sendiri

Ada beberapa hal yang menyebabkan bluetooth hidup  sendiri, antara lain:

  • Multifungsi system android
  • Jumlah data yang menumpuk pada apilikasi Bluetooth tersebut
  •  Pengaturan GPS yang mengharuskan Bluetooth terus aktif
  • Terdapat aplikasi ketiga yang mengharuskan Bluetooth terus aktif
  •  Belum diperbaruhinya system android termasuk system Bluetooth tersebut didalamnya

 

Setelah sedikit banyak mengetahui apa yang menjadi penyebab Bluetooth menyala sendiri, sekarang kita beralih pada  bagaimana mengatasi dengan solusi terbaik permasalahan Bluetooth yang menyala sendiri.
 

Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri

Cara Mengatasi Bluetooth Nyala Sendiri

 

Berikut akan saya ulas beberapa cara untuk mengatasi Bluetooth  yang menyala sendiri:
 

Restart HP Android
Cara yang satu ini adalah cara yang paling ampuh untuk mengatasai masalah yang ada di HP Android. Tidak menutup kemungkinan Bluetooth yang menyala sendiripun bisa diatasi dengan cara ini. Restart HP android kamu, karena dangan cara ini data dan aplikasi yang ada didalamnya akan memuat ulang sistemnya, sehingga Bluetooth pun akan mati dengan proses ini.
 

Nonaktifkan Fitur GPS
Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah mematikan atau menonaktifkan fitur GPS yang ada di HP android kamu. Kemudian matikan Bluetooth setelahnya. Karena bisanya fitur GPS membuat Bluetooth otomatis menyala sendiri, jadi ada kemungkinan jika GPS kamu nonaktif, maka Bluetooth  tidak akan menyala dengan sendirinya. Caranya mudah, kamu tinggal menuju pengaturan notifikasi bar yang ada diatas lalu tap lokasi untuk menonaktifkan lalu tap Bluetooth setelahnya.
 

Menonaktifkan Aplikasi Berbagi
Seperti yang saya ulas di awal tadi, bahwa sekarang banyak aplikasi ketiga menggantikan Bluetooth yang berfungsi untuk mentransfer data lebih cepat daripada Bluetooth. Diantaranya ada Share It, MiDrop, LinkSharing, SharingMe dan masih banyak lagi lainnya. Aplikasi berbagi tersebut dengan sendirinya mengaktifkan fitur Bluetooth, maka langkah yang harus kamu ambil adalah Force  Stop (berhenti paksa) aplikasi ketiga tersebut.
 

Caranya adalah:

  • Buka di menu Pengaturan
  • Lalu  tap menu Aplikasi 
  • Lalu tap di aplikasi sharing tersebut 
  • Lalu tap Force stop
  • Setelah melakukan force stop silahkan kamu restart HP Android kamu, setelah aktif kembali kamu bisa melihat apakah Bluetooth masih menyala sendiri atau tidak.

Jika masih menyala lakukan opsi kedua dengan uninstall aplikasi ketiga tersebut. Lalu restart ulang. Setelah aktif kembali silahkan periksa apakah Bluetooth masih menyala sendiri atau tidak.
 

Bersihkan Cache dan Data Bluetooth
Aplikasi yang terinstal di HP, entah bawaan atau aplikasi ketiga yang kamu install sendiri pasti memiliki banyak sampah dan data yang tersimpan. Terlalu banyak data yang menumpuk, selain memperberat kerja HP juga akan menimbulkan banyak masalah (bug).
Maka sebaiknya kamu menghapus cache dan data Bluetooth. Caranya sangat mudah:

  • Kamu hanya perlu menuju pengaturan
  • Menu aplikasi
  • Menu Bluetooth
  • Lalu tap Clear Cache dan Clear Data.

 

Reset Jaringan
Jika cara-cara diatas belum menunjukkan hasil yang berarti silahkan kamu ambil opsi satu ini, yaitu Reset Setelan Jaringan pada HP kamu. Dengan Reset Jaringan, maka pengaturan jaringan akan kembali ke pengaturan pabrik, atau seperti baru lagi. Tidak tesambung dengan jaringan apapun dan tidak mengaktifkan fitur jaringan apapun seperti mobile data atupun Bluetooth.
 

Caranya sebagai berikut:

  •  Silahkan kamu menuju menu Pengaturan
  • Pilih menu Pengaturan Sistem
  • Scrool kebawah dan pilih Buat Cadangan dan Atur Ulang
  • Kemudian kamu bisa pilih Atur Ulang pengaturan Jaringan.
  • Kemudian pilih Setel Ulang setelan atau Reset Setelan dibagian bawah.
  • Selanjutnya pengaturan jaringan akan otomatis tereset ulang
  • Setelah selesai silahkan periksa Bluetooth kamu apakah masih menyala sendiri ataukah sudah kembali normal.

 

Matikan Aplikasi Pemicu
Sekarang tugas kamu adalah mengingat kembali, aplikasi apakah yang baru aja kamu install tepat sebelum masalah Bluetooth menyala sendiri ini terjadi. Karena bisa jadi, penyebab dari Bluetooth yang nyala sendiri adalah dari aplikasi yang barusan di install dan aplikasi tersebut memicu Bluetooth untuk terus aktif atau menyala.
 

Jika kamu sudah mengingatnya, tugas kamu selanjutnya adalah menguninstall aplikasi tersebut. Caranya seperti biasa kamu bisa tap lama di aplikasi tersebut dan tap uninstall.
 

Kemudian kamu bisa bisa mematikan fitur Bluetooth, kemudian kamu bisa merestart HP android kamu. Jika sudah selesai, kamu periksa apakah Bluetooth masih menyala sendiri, kalau sudah berhasil, berarti memang benar penyebabnya adalah aplikasi tersebut.
 

Perbarui System Android
Terkadang notifikasi pembaruan system ini muncul di layar HP android, tapi tidak sedikit pengguna yang mengabaikan atau mungkin melewatkan untuk langsung memperbarui system android ini. Pembaruan system ini bisa dibilang sangat penting karena perannya yang bisa menstabilkan  kinerja android dan memperbaiki error yang ada. Tidak menutup kemungkinan akan banyak bug didalamnya, jika kamu masih menggunakan system android versi lama. Maka dari itu pastikan system android kamu berada di versi terbaru.

Jika sudah ada notifikasi pembaruan software silahkan langsung klik notifikasi tersebut dan tunggu hingga prosesnya berakhir

Atau bisa kamu lakukan cara manual:

  • Pastikan paket data kamu menyala dan baterai kamu tidak kurang dari 50% 
  •  Buka menu Pengaturan
  • Scroll kebawah dan pilih menu Sistem Pembaruan
  • Pilih Perbarui jika tersedia software versi terbaru lalu tunggu hingga proses berakhir.

 

Reset HP
Jika cara diatas sudah kamu coba semua dan belum behasil maka opsi terakhir ini bisa menjadi pilihan. Yaitu Reset HP android kamu. Dengan mereset HP Android itu berarti ponsel akan kembali seperti baru atau dengan kata lain kembali ke pengaturan pabrik. Itu berarti semua data dan apikasi akan terhapus semua, maka sebaiknya kamu melakukan pencadangan data dan aplikasi sebelum mulai melakukan reset Factory ini supaya data dan aplikasi yang ada aman tidak ikut terhapus. 

Caranya mudah:

  • Silahkan menuju menu Pengaturan
  • Pilih Tentang Ponsel
  • Pilih Reset Factory
  • Lalu tunggu hingga proses selesai

 

Berikut diatas adalah beberapa cara yang bisa saya bagikan dalam Mengatasi Bluetooth yang Menyala Sendiri. Diharapkan bisa mengatasi masalah tersebut dan juga rasa penasaran kamu kenapa hal ini terjadi. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Diberdayakan oleh Blogger.