Selasa, 24 Agustus 2021

Cara Mudah Memperbaiki Error 'Google Terus Berhenti' di Ponsel Android Anda

Tips Android - Pernahkah di layar ponsel android anda ada notifikasi po-up bertuliskan  “Google terus berhenti” atau biasa juga dikenal dengan “Google keep stopping?” Ataukah saat ini itulah yang sedang menimpa anda dengan segala pertanyaan dalam benak anda, mengapa ini bisa terjadi diponsel kesayangan anda? Bagaimana agar mengatasi muncul google terus berhenti? Kesalahan apa yang Muncul secara tiba-tiba ini? Hal yang tidak di inginkan kadang Muncul secara tiba-tiba adalah Ketika perangkat android kita muncul popup bertuliskan “Google Terus Berhenti”  dan ini telah membuat pemilik ponsel cerdas Android terjebak dalam lingkaran meresahkan yang menyebalkan, tetapi sekali lagi jangan terlalu khawatir pasti akan ada perbaikan yang bisa dilakukan untuk mengatasi keresahan ini.


Inilah yang perlu Anda lakukan pada perangkat android anda jika berulang kali pop-up “google keeps stopping” terus muncul tanpa penjelasan. Beberapa pengguna telah terganggu dengan pemberitahuan yang memperingatkan mereka bahwa muncul "Google terus berhenti" di android dan bingung bagaimana yang harus dilakukan. Kenapa hal ini bisa terjadi? Ini mungkin pertanyaan dalm benak anda saat hal ini menimpa android anda, dan ini tampaknya merujuk kepada aplikasi Google, yang ternyata semua itu adalah menjadi penyebab crash.  Seperti diketahui, Google merupakan salah satu layanan situs pencarian yang banyak digunakan oleh para pengguna internet di seluruh dunia.


Bagi mereka sebagian besar yang tidak tahu, aplikasi Google adalah jalan pintas ke berita utama dan perkiraan terbaru, pencarian web Google, terjemahan, dan banyak lagi. Dan tentunya ini juga mendukung sejumlah aplikasi inti lainnya di sekitar sistem operasi, termasuk Android Auto – yang menghadirkan antarmuka Android ke sistem infotainment di kendaraan Anda, asisten AI hands-free Google Assistant, Google Podcast, dan banyak lagi aplikasi lainnya yang terhubung. Kesalahan yang sekarang terjadi di dalam aplikasi Google juga menyebabkan aplikasi tersebut di atas gagal dan berulang kali berhenti juga.

Cara Memperbaiki Error Google Terus Berhenti di Android

Cara Mudah Memperbaiki Error Google Terus Berhenti di Ponsel Android



Jadi, apa yang bisa Anda lakukan sekarang untuk segera mengatasi keresahan ini tanpa harus berlarut-larut dalam kebingungan? Penasarankah anda, apa saja metode yang bisa dilakukan untuk mengatasinya?

 

Cara Mengatasi Muncul Google Terus Berhenti


Simak Bersama-sama ya penjelasan lengkapnya berikut ini! Hal paling pertama dan hal paling mendasar atau juga bisa dibilang ini cara paling umum yang dapat Anda lakukan adalah me-restart telepon Anda, setelah itu, metode selanjutnya adalah menghapus data aplikasi dan Anda juga harus menghapus pembaruan ke aplikasi. Anda tentunya dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini untuk mencoba semua perbaikan supaya ponsel android kesayangan anda bisa bekerja sempurna seperti sedia kala.


1. Nyalakan Ulang Telepon
Sebenarnya menjalankan metode ini diharapkan menjadi suatu hal yang paling mudah untuk dilakukan ketika ponsel pintar kamu menampilkan notifikasi “Google Keeps Stopping.” Saya selalu dan terus menggunakan metode ini di sebagian besar tips dan trik Android yang saya miliki, karena meskipun cara ini sangatlah mendasar, entah kenapa metode ini masih merupakan salah satu metode terbaik untuk memperbaiki semua jenis masalah pada ponsel Android anda. Sebagian besar dari Anda mungkin tahu cara me-restart telepon Anda menggunakan tombol power.


Dan jika ada seseorang tidak mengetahui hal ini, maka yang  dapatdilakukan adalah menekan lama tombol daya dan memilih opsi Mulai Ulang. Setelah itu, silahkan mencoba gunakan aplikasi Google lagi dan coba lihat apakah sudah diperbaiki seperti semula ataukah masih terjadi kesalahan. Jika masalah belum terselesaikan, silahkan mencoba Langkah berikutnya dengan sabar dan penuh ketelitian.



2. Hapus Cache dan Data Google App
Langkah  berikutnya yang dapat Anda coba lakukan adalah menghapus cache dan data Google App. Anda mungkin sudah mengetahui, membersihkan cache di Android dapat membantu Anda memperbaiki banyak masalah yang terjadi di ponsel pintar yang anda miliki. Demikian pula, menghapus penyimpanan aplikasi dapat memperbaiki masalah ini untuk Anda. Aplikasi Google terdeteksi menghabiskan data dalam GB dari penyimpanan di ponsel Anda setelah penggunaan terus-menerus secara intens, jadi memang sangat penting sekali untuk anda bisa menghapusnya. Berikut dibawah adalah Langkah yang bisa anda lakukan:

  • Cari aplikasi Google di ponsel android Anda dan tekan sedikit lama pada ikon aplikasi.
  • Sekarang ketuk tombol "i" (info) kecil dari menu pop-up.
  • Ketuk Penyimpanan & cache.
  • Setelah itu, ketuk hapus cache lalu hapus penyimpanan.
  • Ketuk Hapus Semua Data pada pop-up konfirmasi.


Jika sudah anda lakukan semua itu. Sekarang yang bisa anda lakukan adalah luncurkan kembali aplikasi Google dan lihat apakah masalah masih berlanjut atau bahkan sudah bisa bekerja Kembali seperti semula.


3. Hentikan Paksa Aplikasi Google
Jika ternyata anda belum dapat memecahkan masalah tersebut,dan lagilagi pop-up masih Muncul, Anda juga dapat menghentikan aplikasi Google secara paksa untuk memperbaiki masalah tersebut. Seperti yang Anda ketahui, memaksanya menghentikan semua proses latar belakang dan latar depan ternyata juga dapat memperbaiki masalah ini. Berikut saya akan jabarkan pula cara memaksa menghentikan aplikasi yang sedang mengalami kesalahan tersebut:

  • Buka Pengaturan di ponsel Android Anda.
  • Buka Aplikasi & notifikasi dan ketuk Lihat semua aplikasi atau Info aplikasi.
  • Di sini pilih Google dari daftar.
  • Pada halaman info aplikasi, ketuk Paksa berhenti dan konfirmasi pada pop-up.


Nah,  apa yang selanjutnya bisa anda  coba adalah buka aplikasi Google lagi, dan Anda mungkin tidak akan melihat kesalahan 'Google terus berhenti' mulai sekarang.



4. Copot Pemasangan Pembaruan Aplikasi Google
Karena masalah ini ada kemungkinan disebabkan oleh pembaruan aplikasi, berarti Anda juga dapat mencoba metode memperbaiki bug dengan cara mencopot pemasangan pembaruan terbaru. Dan berikut saya akan menjelaskan juga cara meng-uninstall update terbaru:

  • Coba anda temukan aplikasi Google di laci aplikasi dan tekan lama ikon aplikasi.
  • Sekarang, ketuk tombol 'i' (Info Aplikasi) untuk mengakses halaman info aplikasi Google.
  • Ketuk menu tiga titik di sudut kanan atas halaman info aplikasi.
  • Sekarang, ketuk “Copot pemasangan pembaruan”, lalu pada “OK” untuk mengonfirmasi.
  • Aplikasi Google tidak boleh dihentikan setelah ini. Sekali lagi, Anda harus menghindari memperbarui aplikasi ke versi terbaru sampai Google merilis perbaikan untuk masalah ini.


Jadi, itulah cara Anda dapat memperbaiki masalah 'Google terus berhenti' di ponsel Android Anda. Sekarang, seperti yang Anda ketahui, bagaimana pembaruan terbaru dapat memengaruhi aplikasi, saya berharap Google akan segera merilis pembaruan baru untuk memperbaikinya. 

Cara lain : Mengatasi Aplikasi yang Hilang sendiri di android

Nah, seperti itu Cara Memperbaiki Error 'Google Keeps Stopping' di Android Anda. Semoga semua Langkah-langkah yang saya bagikan tersebut dapat membantu anda mengurangi keresahan dan kebingungan yang disebabkan oleh notifikasi pop-up yang terus Muncul dilayar android dan semoga bisa menyelesaikan dan mengatasi kendala “google keep stopping”.

Diberdayakan oleh Blogger.