Minggu, 24 November 2019

Penyebab Layar HP Sebagian Tidak Bisa Disentuh dan Cara Mengatasinya

Tips Android - Pernah alami Layar Android tidak bisa disentuh sebagian? Pada beberapa bagian masih bisa merespon dan sebagian lainnya tidak respon dan tidak bisa bergerak. Kita tahu bahwa saat ini hp layar sentuh atau touchscreen memang yang menjadi hal paling penting adalah layar dan sesnitivitasnya karena mapir segala pengoperasian dari smartphone mengandalkan layar. Bagaimana jika layar ada masalah seperti layar tidak bergerak, atau layar loncat, atau layar tidak bisa disentuh sebagian sehingga membuat kinerja dari kita menjadi sulit untuk menggunakan hp android yang kita miliki.

Layar HP Sebagian Tidak Bisa Disentuh bisa jadi akibat hardware atau bisa juga software, maka perlu kita coba telusuri dan analisa apa penyebab layar tidak bisa disentuh sebagian sehingga kita tahu cara mengatasi layar sentuh tidak bergerak sebagian dengan penanganan yang tepat dan sesuai dengan penyebab masalahnya.

Ada beberapa ciri-ciri dari gejala sebuah layar sentuh tidak berfungsi sebagian, diantaranya :

  • Layar sering bergerak sendiri seolah disentuh padahal kita tidak sedang menyentuh layar
  • Titik gerakan atau respon layar berbeda dengan titik yang kita sentuh, misalnya kita menyentuh bagian tengah atas, tapi gerakannya layar ada di samping kanan bawah misalnya. 
  • Sering terjadi hang, layar seolah tidak merespon sentuhan
  • Respon lambat dan sering salah titik

Penyebab layar Sentuh hp Android meleset


Ada yang menyebut layar tidak bergerak sebagian dengan sebutan Dead Spot, nah apa saja penyebab yang bisa menjadikan masalah ini ada, diantaranya:

  • Sering gonta-ganti charger atau melakukan pengisian dengan charger bukan bawaan sehingga arus input dan output kadang berbeda dan juga jika dengan charger murahan arus yang masuk sering tidak stabil sehingga membuat layar panas
  • Smartphone sering terjatuh, terkena benturan benda keras, atau tertindih pada bagian layar sentuh
  • System android yang corrupt sehingga menyebabkan proses perintah sentuhan yang tidak tersampaikan oleh sistem


Untuk cara untuk memperbaiki touchscreen android yang mengalami kerusakan hanya pada beberapa bagian layar sentuh LCD saja jangan buru-buru untuk dibawa ke tukang service, karena biasanya langsung disarankan untuk ganti layar baru. Iya kalau ternyata memang layarnya yang rusak, kalau bukan hanya akan membuang banyak uang. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan sendiri untuk mengatasi masalah layar sentuh bergerak sebagian sebelum memutuskan untuk datang ke tempat service atau reparasi hp:

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian

Cara Memperbaiki Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian



Gunakan Pointer Location

Pada setiap HP Android pada dasarnya sudah dilengkapi dengan Pointer Location dimana fitur ini berfungsi untuk melakukan pengecekan layar. Dengan fitur ini kita bisa melakukan kalibrasi ulang titik sentuh sehingga pas dan juga sensitivitas dari layar sentuh pada hp kita.

Untuk menggunakan fitur ini caranya:

  • Masuk ke menu pengaturan pada hp android kita
  • Setelah itu pilih bagian bawah pada About
  • Akan muncul tentang informasi ponsel dan nomor Build, pada Build Number, tap sebanyak 5 kali atau 7 kali (beda merk kadang beda) hingga muncul tab mode pengembang
  • Setelah pada halaman mode pengembang klik pada Developers Options dan akan ketemu menu Pointer Location
  • Centang pada Pointer Location 


Setelah aktif, maka setiap menyentuh layar akan muncul garis. Gunakan fitur ini untuk menyentuh semua area pada layar. Jika semua bagian pada layar ketika disentuh muncul garis, artinya secara hardware layar kita masih bagus, berarti ketika ada masalah hp layar sentuh mati sebagian, bukan karena kerusakan layar melainkan kerusakan sistem. Hal ini bisa diperbaiki dengan beberapa metode seperti:
- Uninstall aplikasi yang berat, aplikasi yang selalu online dan membuat panas berlebih, seperti game yang membutuhkan koneksi, atau aplikasi editing dengan penggunaan RAM yang berat





Dudukan Socket LCD

Salah satu yang membuat layar kurang merespon atau kadang respon kadang tidak bisa karena hardware misalnya socket dari LCD yang kendor atau ada hambatan sehingga secara arus kadang tersambung kadang tidak. Untuk melakukan pengecekan:
  • Buka penutup belakang hp, dan buka cover dengan membuka baut menggunakan obeng kecil
  • Buka semua penutup hingga terlihat LCD dan kabel fleksibelnya
  • Cobalah cek sambungan socket dengan membukanya 
  • Semprot menggunakan cairan contact cleaner sebagai pembersih dari socketnya
  • Kemudian pasang lagi dan pastikan kencang dan tidak ada kaki-kaki yang patah



 mengatasi Layar Sentuh Tidak Berfungsi Sebagian


 Jika anda mengalami blank pada layar, anda bisa mengatasinya dengan cara yang bisa anda lihat pada Cara mengatasi Android Blank Screen Putih

Biasanya dengan beberapa cara diatas, layar tidak bisa disentuh sebagian, akan teratasi. Apakah tips pemecahan masalah ini mampu memperbaiki masalah layar sentuh android anda? Apakah Anda memiliki tips atau trik untuk menyelesaikan masalah dengan layar sentuh yang tidak responsif atau tidak berfungsi pada Android? Beri tahu kami di komentar agar bisa kami update artikel dan bisa bermanfaat bagi pembaca setelah anda. Salam.

Diberdayakan oleh Blogger.