Minggu, 29 September 2019

Cara Membuat Barcode Kode QR untuk Nomor WhatsApp dan Grup WA Sendiri

Tips WhatsApp - Apa itu QR Code? dan fungsinya apa kok ada yang nanya Kode QR untuk WHatsApp? Kode QR untuk WhatsApp bisa berguna ketika membagikan nomor Anda dengan orang baru pada whatsapp tanpa harus melakukan add contact atau menyimpan kontak. Kode QR ini biasanya digunakan oleh pengguna akun whatsapp bisnis agar lebih mudan dan simpel untuk melakukan obrolan atau komunikasi pada whatsapp.

Membuat barcode whatsapp sendiri untuk memulai obrolan dengan kontak baru di WhatsApp ini memudahkan kita untuk melakukan chat tanpa menyimpan nomor di whatsapp. engan barcode jkode QR anda tak perlu melakukan penyimpanan kontak karena cukup scan barcode dan bsia langsung melakukan chat. Bagaimana cara mendapatkan kode barcode code QR untuk nomor kita, ataupun grup yang kita kelola? Untuk bisa mendapatkan kode dalam bentuk kode batang yang bsia discan, sebelumnya ktia harus melakukan beberapa hal. untuk lebih jelasnya akan kita paparkan dalam postingan kali ini mengenai cara membuat barcode di Whatsapp untuk chat atau grup yang kita miliki.

Cara Membuat Barcode Kode QR untuk Nomor WhatsApp

Cara Membuat Barcode Kode QR untuk Nomor WhatsApp

Pada prinsipnya baik dalam membuat barcode WA untuk chat Pribadi ataupun code untuk grup WA pada dasarnya sama, hanya berbeda link yang digenerate saja.


Cara Membuat Barcode Kode QR untuk Chat WA Pribadi

Sama halnya dengan membuat link auto chat order ke WA yang harus membuat link api, untuk membuat barcode juga harus menyusunnya dahulu, caranya :
Buat pola link seperti ini : http://wa.me/[nomor WA pribadi] dimana nomor WA pribadi diisi nomor yang anda gunakan untuk nomor WhatsApp. Misal nomor anda adalah 081377644733  maka untuk angka 0 diganti dengan kode nomor telepon internasional untuk indonesia yaitu 62 sehingga kurang lebih jadinya seperti ini.

http://wa.me/6281377644733

Jika ingin sekalian otomatis terisi pesan yang biasanya digunakan oleh penjual online dalam membuat barcode untuk order, anda bisa menambahkan teks dengan format https://wa.me/WhatsAppNumber/?text=Isi Teks, contoh

https://wa.me/6281377644733 /?text=Apa%20Kabar

%20 = spasi

Jika sudah tersusun linknya, cobalah untuk klik link atau tautan tersebut dengan pc atau laptop, jika sudah work dan menuju ke chat whatsapp anda berarti sudah benar. Setelah itu ubah

Membuat Barcode WhatsApp

Sekarang saatnya membuat Code barcodenya. Untuk membuat barcode whatsapp, ktia memerlukan website generator untuk mengonversi link ktia menjadi kode batang. Anda bisa menggunakan salah satu dari 3 website ini, diantaranya :
  • www.qr-code-generator.com
  • www.qrcode-monkey.com
  • www.qrstuff.com
Kunjungi salah satu website di atas, kemudian paste link yang sudah ktia susun tadi ke kolom yang disediakan untuk generate. Ada beberapa pilihan seperti kita memilih warna latar belakang, dan juga dimensi dari ukuran barcode yang kita inginkan.

Tampilan qrstuff

tampilan barcode monkey
Setelah generate, kode barcode akan muncul, kemudian download gambar barcodenya, kini anda bisa memasang code barcode untuk discan dan langsung menuju chat.

Cara Membuat Barcode Kode QR untuk Grup WA

Sama seperti di atas, ktia harus mendapatkan link grup WA yang ingin kita buat. Untuk memudahkan orang bergabung dengan grup, grup WhatsApp menawarkan fitur 'Undang melalui tautan', di mana siapa saja yang memiliki tautan dapat bergabung dengan grup. Jadi berhati-hatilah dengan siapa Anda membagikan tautannya.

Untuk melihat tautan, buka grup kemudian ketuk nama grup di bagian atas untuk masuk ke pengaturan. Gulir ke bawah dan ketuk pada Undang melalui tautan. Anda akan mendapatkan beberapa opsi seperti mengirim, berbagi, menyalin, dan mencabut tautan. Ketuk tautan Salin. Kapan saja, jika Anda tidak ingin orang acak bergabung dengan grup Anda, ketuk tautan Cabut. Sebagai catatan, hanya admin grup tersebut yang memiliki akses ini

Sekarang setelah Anda memiliki tautannya, anda bisa langsung membuat kode QR, dengan cara menuju salah satu dari situs di atas untuk melakukan generate kode QR atau barcode. Setelah barcode jadi, anda bisa membagikannya melalui grup whatsapp lainnya, atau melalui sosial media agar teman-teman anda bergabung ke grup tersebut melalui scan barcode.

Untuk cara bergabung melalui code scanner, code tersebut harus discan. Karena Whatsapp tidak menyediakan scanner (hanya menyediana scanner untuk whatsapp web saja) maka anda bisa mengunduh aplikasi QR CODE SCANNER melalui playstore sehingga bisa membaca kode batang rtersebut dan langsung menuju link atau grup yang terbaca dalam kode batang.

Ada beberapa trik whatsapp yang perlu anda coba, diantaranya :

Demikian Cara Membuat Barcode Kode QR untuk Nomor WhatsApp dan Grup WA yang bisa anda gunakan untuk memudahkan anda dalam berbisnis maupun dalam urusan yang berkaitan dengan komunikasi melalui whatsapp.

Diberdayakan oleh Blogger.