Selasa, 21 Mei 2019

HP Xiaomi Tidak Bisa Dicharge? Coba Cara Ini

Tips Xiaomi - Bagi pengguna Xiaomi, pernah mengalami, tiba-tiba hp Xiaomi tidak bisa dicharge? biasanya ini sering terjadi di Redmi Note atau MI pro dan beberapa tipe xiaomi lainnya. Pada prinsipnya pengisian pada hp khususnya xiaomi hanya dipengaruhi oleh baterai, charger, dan juga penghubungnya sehingga jika ada masalah mengenai pengisian tentunya kurang lebih masalahnya ada pada tiga titik tersebut. Jadi kita bisa mengetahui mana yang perlu dilakukan pengecekan, Lalu bagaimana cara mengatasi hp tidak bisa dicas tersebut?

HP Xiaomi tidak bisa di charge jika kita mengalaminya, jangan buru-buru menganggap ini kerusakan yang parah karena kita bisa coba melakukan perbaikan sendiri sebelum memutuskan bagian mana yang terjadi kerusakan. Ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi masalah pengisian ini. pada prinsipnya HP Xiaomi sudah dilengkapi dengan fast charging yang seharusnya bisa mengisi dengan cepat. Jika tidak mengisi tentunya perlu dicari penyebabnya.

Cara Mengatasi HP Xiaomi Tidak Bisa Dicharge (Dicas)

hp xiaomi tidak bisa di charge

Seperti yang sudah pernah dibahas sebelumnya pada Mengatasi Fast Charging Xiaomi Tidak Berfungsi, ada beberapa poin yang perlu kita lakukan pengecekan, diantaranya:
  • Baterai : Cobalah untuk melakukan pengecekan baterai menggunakan multitester. Pertama atur multitester pada Ohm atau hambatan untuk menentukan baterai masih bagus atau ada jalur yang putus didalamnya. Jika multitester menunjukkan angka 000, atau jika dengan multi tester analog, jarum bergerak penuh, artinya tidak ada kerusakan. Setelah itu atur multi tester pada bagian cek arus DC, kemudian hubungkan plus dan minus ujung multi tester pada ujung baterai. Jika masih ada daya walaupun sedikit, maka baterai masih bagus, tetapi jika tidak ada daya sama sekali kemungkinan baterai terjadi kebocoran. 
  • Charger : Pastikan menggunakan charger bawaan atau charger original. Sekalipun jika terpaksa tidak menggunakan original, gunakan charger berkualitas dengan melakukan pengecekan input dan output daya yang sesuai dengan kebutuhan baterai. Pastikan angka output pada charger sesuai dengan input yang dibutuhkan untuk baterai.
  • Kabel data : Meski sepele, kabel data sering menjadi penyebab hp tidak bisa diisi. entah karena penyimpanan kabel data kita yang kurang baik seperti digulung sembarangan atau sering tertindih benda berat, maka bisa jadi kabel data mengalami kerusakan. Pastikan kabel data memiliki daya alir sesuai dengan yang dikeluarkan charger. Lakukan pengecekan menggunakan multi untuk menentukan hambatan pada setiap ujungnya.

Jika dari tiga masalah ini sudah dipastikan semua aman, cobalah untuk melakukan reset factory karena kemungkinan yang menjadi masalah adalah ada sistem yang tidak berjalan atau ada sistem lain yang mengganggu dari jalannya pengisian sehingga muncul peringatan tidak mengisi, atau bahkan indikator tidak berjalan sama sekali.

Mengatasi Xiaomi tidak bisa dicas

Nah, jika memang dari sisi software dan beberapa poin pendukungnya dirasa aman dan tidak ada masalah, kemungkinan besar masalah terjadi pada hardware yaitu socket konektornya sendiri yang mungkin terjadi putus, kendor, atau kotor. Atau kemungkinan masalah lainnya seperti konektor, board, kabel feksibel dan lain-lain.

Jika anda sudah pengalaman membongkar hp, buka baterai xiaomi dan lepas casing dan bautnya dengan obeng kecil, termasuk baut di bagian bawah baterai. Tetapi ini disarankan untuk hp yang sudah tidak garansi karena akan merusak segel garansi. Jika masih dalam masa garansi mending langsung klaim ke service center xiaomi terdekat di kota anda.

Jika sudah tidak masa garansi dan memang ingin membongkar, ada beberapa titik yang perlu dilakukan pengecekan, antara lain:

CONECTOR CHARGING
CONECTOR CHARGING


FILTER CAPASITOR
FILTER CAPASITOR

KONEKTOR KABEL FLEKSIBEL
KONEKTOR KABEL FLEKSIBEL

KABEL FLEKSIBEL
KABEL FLEKSIBEL

Nah, di atas adalah beberapa komponen yang memerlukan perhatian khusus dalam penanganan masalah hp xiaomi tidak bisa dicas. Komponen di atas adalah milik Xiaomi Redmi 4 yang sedang dibuka.Hal yang pertama dilakukan adalah membersihkan dengan menggunakan cairan contact cleaner disemprotkan ke bagian kuningannya, dan juga bersihkan menggunakan sikat kecil sambil melakukan pengecekan untuk memastikan semua dudukan tidak ada yang rusak. Yang paling rawan biasanya kabel fleksibelnya karena jika putus didalamnya tidak terlihat secara fisik. Gunakan multi tester untuk mengetes hambatannya.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp xiaomi tidak bisa dices. Lakukan beberapa cara diatas sesuai dengan tingkat kerusakan masing-masing dan tingkat keahlian masing-masing. jangan sampai mencoba-coba padahal belum pernah melakukan pembongkaran unit karena bisa berakibat salah pemasangan. Ada baiknya lakukan yang menurut anda bisa dan pastikan semua kelengkapan alat sudah mendukung sehingga lebih mudah dalam melakukan cara di atas. Jangan lupa berkomentar jika ada pertanyaan terkait solusi di atas, atau ingin menyumbang cara yang lebih efektif agar bisa kamu tambahkan dan bsia berguna bagi pembaca lain, Salam

Diberdayakan oleh Blogger.