Senin, 28 Mei 2018

Agar Gambar dan Video Kiriman WhatsApp Tidak Tersimpan

Bagaimana Cara agar gambar/video WA tidak tersimpan otomatis di hp android? Saat ini WhatsApp jadi salah satu aplikasi pesan singkat yang paling populer. kepopulerannya di tanah air mampu mengalahkan BBM yang sebelumnya menjadi alternatif pertama dalam menggunakan komunikasi via teks. Dengan berbagai fitur, Whatsapp dapat mengirim pesan dalam bentuk gambar, video, maupun pesan suara. Secara default, pengaturan otomatis dapat menyimpan pesan suara, gambar atau foto, dan juga video secara otomatis masuk ke galeri. Hal ini memang keuntungan dan sekaligus kerugian. Bagaimana cara agar gambar WA tidak tersimpan otomatis?

Agar Gambar dan Video dari WhatsApp tidak tersimpan otomatis perlu kita melakukan setting atau pengaturan. Nah, adanya fitur ini memang ada sisi keuntungan karena tanpa harus mengunduh, semua file yang terkirim pada pesan pribadi maupun grup bisa otomatis masuk ke dalam memori kita terlebih jika itu file berharga. Kerugiannya adalah memori kita akan cepat penuh khususnya bagi yang banyak mengikuti Grup di Whatsapp dan banyak aktivitas kiriman video dan foto sehingga membuat memri penuh, terlebih file yang terkirim atau tersimpan adalah video dan foto atau gambar yang kurang penting dan menyebabkan memori kita penuh bagi yang memiliki kapasitas kecil. Dengan penuhnya memori membuat whatsapp kita akan lemot. Kerugian lainnya, kuota menjadi lebih banyak dalam penggunaan data.

Bagaimana mengatur WhatsApp agar tidak menyimpan foto otomatis? Nah untuk menghindari banyaknya foto atau gamabr yang masuk ke galeri secara otomatis atau video yang tidak penting yang hanya membuat kuota kita menjadi boros, kita bisa melakukan setting atau pengaturan agar kita bisa memilih mana yang perlu disimpan dan tidak.

Cara Mengatur Agar Gambar dan Video WhatsApp tidak Tersimpan di Galeri



Nah, untuk melakukan setting atau pengaturan agar whatsapp tidak menyimpan otomatis baik foto, gambar, video, maupun rekaman lakukan :
  • Buka Aplikasi Whatsapp anda dan masuk ke menu, yaitu  klik tiga titik di kanan atas atau pojok kanan layar.
  • Setelah itu muncul beberapa pilihan, klik menu Setelan
  • Selanjutnya usai masuk ke Setelan, pilih opsi "Penggunaan data dan Penyimpanan"
  • Kemudian pada sub menu "unduh Otomatis Media" ada beberapa pilihan :
    - Saat menggunakan data sellular
    - Saat tersambung Wi-fi
    - Saat roaming
  •  Jika ingin menonaktifkan semua, baik saat menggunakan data maupun wifi, pilih di masing2 pilihan dengan menghilangkan semua centang (foto, Audio, Video, Dokumen).
  • Anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan misalnya hanya menyimpan otomatsi ketika menyambung wifi(dengan alasan hemat kuota) atau tdiak semuanya.
  • Setelah itu klik "OK"


Mudah kan mematikan penyimpanan gambar otomatis di WhatsApp. Nah, dengan melakukan setelan di atas, kita bisa menyesuaikan kebutuhan dengan beberapa setelan seperti misalnya hanya mengunduh saat tersambung Wi-fi saja karena untuk menghindari penggunaan kuota data internet yang berlebihan. Nah, untuk versi terbaru WhatsApp, kini pesan suara akan selalu terunduh otomatis. Anda bsia melihat keterangannya di bagian bawah setelan.

Jika anda ingin mematikan keterlihatan status onlien anda di Whatsapp, anda bsia membaca Cara mematikan status online di Whatsapp.

Untuk setelan panggilan dalam meminimalkan penggunaan data, anda bisa juga mengaturnya dengan mencentang pilihan paling bawah pada setelan panggilan. Demikian cara mengatus agar whatsapp tidak menyimpan gambar dan video otomatis atau mematikan fitur autosave pada Whatsapp. Semoga apa yang menjadi kendala, kini bisa teratasi. Tulisan ini saya tulis sesuai dengan Whatsapp versi ini, ada kemungkinan lokasi pengaturan akan berubah jika versi dioperbaharui atau adanya perubahan dari pihak whatsapp. Kami akan melakukan udpate jika terjadi perubahan lokasi setelan. Meski begitu, biasanya tdiak jauh beda dalam melakukan setelan atau pengaturan, hanya berbeda tampiland an lokasi opsi saja biasanya, Salam





Diberdayakan oleh Blogger.